Breaking News:

Yogyakarta

Serapan Anggaran Covid-19 Dianggap Rendah, Pemda DIY Dapat Teguran dari Mendagri

Mendagri Tito Karnavian melayangkan teguran tertulis kepada 19 provinsi di Indonesia, termasuk provinsi DI Yogyakarta.

Penulis: Yuwantoro Winduajie | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Berita Update Corona di DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melayangkan teguran tertulis kepada 19 provinsi di Indonesia, termasuk provinsi DI Yogyakarta.

Sebabnya, masih ada realisasi anggaran daerah dalam penanganan pandemi Covid-19 yang masih rendah, termasuk terkait insentif tenaga kesehatan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY, Beny Suharsono mengaku telah menerima informasi terkait surat teguran yang dikirim oleh Mendagri tersebut.

Beny menjelaskan, saat ini Pemda DIY menyiapkan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 242 miliar untuk menanggulangi dampak pandemi Covid-19 di DIY.

Baca juga: Pemerintah Pusat Intervensi Lonjakan Kasus Covid-19 di Yogyakarta, Awasi Ketat 55 RT Zona Merah

Dari jumlah tersebut, anggaran yang terserap baru senilai Rp 33 miliar atau sebesar 13 persen.

Kendati demikian, Beny menjelaskan, tingkat keterserapan tersebut baru dihitung sepanjang bulan Januari hingga akhir Mei 2021 lalu.

Adapun untuk realisasi sampai bulan Juli, perhitungannya masih belum diketahui.

Sebab, masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di DIY baru akan mengajukan laporan pertanggung jawaban di akhir bulan ini.

"Baru ketahuan akhir Juli setelah mereka (OPD) melaporkan pertanggungjawaban bulanan. Baru ketahuan keluar berapa. Apakah kita masih bertahan di angka yang kecil atau sesuai dengan langkah kami yang sangat darurat," terang Beny saat dihubungi Tribunjogja.com, Minggu (18/7/2021).

Sebelumnya, Pemda DIY sempat menggeser anggaran reguler di APBD DIY tahun 2021 untuk penanganan Covid-19 menyusul lonjakan kasus Covid-19 yang saat ini tengah terjadi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved