Breaking News:

Yogyakarta

Salat Iduladha Ditiadakan, Kakanwil Kemenag DIY Serukan Arahan pada 500 Penyuluh Agama

Kemenag DIY meminta pelaksanaan salat Iduladha 1442 Hijriah yang jatuh pada 20 Juli 2021 digelar di rumah masing-masing.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Gaya Lufityanti
Human Resources Online
Ilustrasi Salat Iduladha 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengeluarkan imbauan yang intinya meminta kepada masyarakat agar pelaksanaan salat Iduladha 1442 Hijriah yang jatuh pada 20 Juli 2021 digelar di rumah masing-masing.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag DIY, Masmin Afif menyampaikan, imbauan itu juga berlaku bagi masyarakat yang berada di zona hijau atau oranye Covid-19.

Ia meminta seluruh elemen masyarakat khususnya yang akan merayakan Iduladha supaya memperhatikan Surat Edaran (SE) nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Iduladha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H/2021 M di Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Karena DIY termasuk Jawa-Bali maka sesuai peraturan PPKM Darurat, kami imbau untuk sementara tidak menggelar kegiatan ibadah salat Iduladha di masjid, atau di lapangan," katanya, kepada Tribunjogja.com, Jumat (16/7/2021).

Baca juga: Ini Dia Aturan Khusus Iduladha Saat Masa PPKM Darurat

Pria yang akrab disapa Masmin ini mengatakan, sebanyak 500 penyuluh agama yang ada di DIY telah mengikuti rapat bersama Kemenag DIY membahas terkait panduan pelaksanaan kegiatan ibadah saat Iduladha 1442 Hijriah.

"Kami kemarin rapat via zoom bersama 500 penyuluh. Mereka kami minta untuk melakukan sosialisasi ke maayarakat, dan berpartisipasi untuk menekan penularan Covid-19," ungkapnya.

Dalam arahannya, selain menginstruksikan jika kegiatan peribadatan di masjid sementara waktu ditiadakan, ia juga meminta supaya takbir di malam Idul Adha digelar di masing-masing rumah.

Masmin mengajak masyarakat DIY untuk merenung bersama, menggemakan takbir di malam Iduladha untuk mendapatkan keselamatan bersama-sama.

"Salat Id di rumah saja bersama keluarga inti. Termasuk takbir dan tahmid sebagai penghias di rumah masing-masing," jelasnya.

Ia juga mengajak supaya warga yang berada di zona hijau atau oranye ikut mendukung langkah pemerintah dalam menekan laju penularan Covid-19 dengan melaksanakan salat Id di rumah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved