Breaking News:

PSIM Empathy Peduli Covid 19

PSIM Ajak Penyintas Covid–19 Donor Plasma Konvalesen

PSIM Yogyakarta membentuk 'PSIM Empathy Peduli Covid-19' untuk membantu PMI Kota Yogyakarta dan pemerintah setempat.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Agus Wahyu
dok PSIM
Ajakan Donor Plasma Konvalesen 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PSIM Yogyakarta membentuk 'PSIM Empathy Peduli Covid-19' untuk membantu PMI Kota Yogyakarta dan pemerintah setempat. Dalam pelaksanaannya, PSIM akan mengkampanyekan edukasi kepada masyarakat, khususnya penyintas Covid-19 agar ikut serta mendonorkan plasma konvalesen sebagai wujud program penyembuhan pasien.

Upaya tersebut dilakukan klub sebagai salah satu bentuk komitmen Laskar Mataram ikut serta berjuang menjadi tombak sepak bola modern di Indonesia. Bukan hanya sekadar aktif di sepak bola, tetapi PSIM akan memberdayakan komunitas di wilayah Kota Yogyakarta.

Business Director PSIM Yogyakarta, Yuliana Tasno, mengatakan jika PMI Kota Yogyakarta saat ini masih kesulitan mencari penyintas Covid-19 yang bersedia mendonorkan plasma konvalesennya. Untuk itu, PSIM coba melakukan upaya nyata dalam usaha mencari pendonor konvalesen.

“Maka dari itu, kami tim 'PSIM Empathy peduli Covid-19' ingin membantu petugas Perekrutan dan Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Kota Yogyakarta untuk mengedukasi masyarakat khususnya yang telah sembuh dari Covid-19, agar bersedia mendonorkan plasma konvelesennya,” ujar Yuliana, Rabu (14/7/2021)

Yuliana menyampaikan bahwa pendonor plasma konvalesen dapat diperoleh dari seorang penyintas Covid-19 yang telah sembuh tidak lebih dari 6 bulan. Dalam kurun waktu itu, penyintas telah membentuk antibodi di tubuhnya setelah sembuh. Kemudian, antibodi itu akan disimpan dalam plasma darah orang tersebut.

Mekanisme untuk pendonor plasma konvalesen melalui program 'PSIM Empathy Peduli Covid-19' ini melalui tiga tahap, yakni masyarakat yang ingin mendonorkan harus mengisi formulir yang dapat diunduh melalui tautan yang dibagikan di media sosial PSIM Yogyakarta.

Setelah itu, data pendonor yang masuk akan dilakukan screening terlebih dahulu oleh tim PSIM 'Empathy Peduli Covid-19' sesuai kriteria PMI. Kemudian, pendonor yang sesuai kriteria akan dihubungi oleh tim 'PSIM Empathy Peduli Covid-19' untuk kemudian diarahkan ke PMI.

Yuliana berharap, program edukasi donor plasma konvalesen kali ini dapat berjalan selaras dengan program kerja petugas P2D2S PMI Kota Yogyakarta. Karena sudah selayaknya, PSIM ikut serta dalam bidang sosial, salah satunya melalui program 'PSIM Empathy Peduli Covid-19'.

“Kami dari manajemen PSIM berharap agar bencana kesehatan ini dapat segera berakhir dan teratasi dengan baik, sehingga seluruh sektor di Kota Yogyakarta dapat segera pulih dan kegiatan edukasi yang dirancang oleh PSIM ini dapat bermanfaat dan membantu Kota Yogyakarta tercinta,” tutup Yuliana. (tsf)

Selengkapnya baca Tribun Jogja edisi Kamis 15 Juli 2021 halaman 10.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved