Breaking News:

Isolasi Mandiri Dapat Obat Gratis, Satgas Covid-19 DIY Minta Kabupaten/Kota Lakukan Pendataan

Warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) tak perlu lagi khawatir karena obat terapi pasien Covid-19 akan dijamin pemerintah secara gratis.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
Ilustrasi obat-obatan untuk Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) tak perlu lagi khawatir karena obat terapi pasien Covid-19 akan dijamin pemerintah secara gratis.

Juru Bicara Satgas Covid-19 DIY Berty Murtiningsih mengatakan, hasil rapat antara Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama pemerintah pusat memutuskan alokasi obat gratis bagi warga yang menjalani isoman akan dibagi kepada masing-masing daerah.

Berty menjelaskan untuk progres awalnya, Pemda DIY telah menginstruksikan pemerintah Kabupaten/Kota supaya melakukan pendataan warga yang kini menjalani isoman di rumah.

Baca juga: Pemda DIY Berencana Salurkan Paket Obat Gratis untuk Pasien Isolasi Mandiri Pekan Depan

"Saat ini kami sedang siapkan msaing-masing kabupaten/kota untuk melakukan pendataan. Penerima obat tersebut tentunya sesuai dengan kriteria klinisnya," katanya, saat dihubungi Kamis (15/7/2021).

Dirinya belum mengetahui berapa jumlah paket obat yang diterima Pemda DIY, lantaran pendistribusian obat gratis Covid-19 untuk warga yang isoman itu dialokasikan melalui TNI.

"Saya belum begitu update untuk data alokasinya. Coba langsung ke TNI saja," imbuh Berty.

Termasuk proses penyaluran obat tersebut menurut Berty akan diatur oleh jajaran TNI. Entah melalui puskesmas atau langsung ke kelurahan.

"Tergantung mekanisme yang dibuat oleh TNI. Yang kami tahu ada 3 macam paket obat dan dari pusat pemberiannya juga bertahap sampai ke daerah," jelasnya.

Baca juga: Penting Diketahui, Segini Nilai Saturasi Oksigen dalam Kondisi Normal

Berty belum mengetahui tiga paket obat tersebut berupa apa saja.

Terpisah, Kapala Penerangan (Kapenrem) 072/Pamungkas Yogyakarta, Mayor Czi Agus Sriyanta menegaskan terkait pendistribusian obat gratis bagi warga yang terpapar Covid-19 yang menjalani isoman belum sampai ditingkat Korem.

Sehingga jumlah paket obat yang nantinya akan disalurkan ke warga yang menjalani isoman belum diketahui.

"Belum sampai ke tingkat Korem. Saya tanya-tanya informasinya belum sampai sini. Mungkin masih di pusat," pungkasnya. (hda)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved