Breaking News:

CPNS 2021

Lulusan SMK Merapat! Kementerian kelautan dan Perikanan Buka Formasi CASN 2021

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI telah membuka seleksi CPNS 2021 atau CASN 2021. KKP membuka seleksi CASN 2021 bagi lulusan SMK sederajat.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Joko Widiyarso
kkp.go.id
Ilustrasi: Pengumuman CASN KKP 2021 

TRIBUNJOGJA.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI telah membuka seleksi CPNS 2021 atau CASN 2021.

KKP membuka seleksi CASN 2021 bagi lulusan SMK sederajat.

Informasi tersebut tentu menjadi kabar baik bagi para lulusan SMK.

Karena lulusan SMK kini mendapatkan kesempatan untuk menjadi ASN di kementerian.

Seperti yang telah dikatakan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, (Dirjen Vokasi) Wikan Sakarinto, ia kerap kali mengingatkan bahwa melalui pendidikan vokasi dan membangun ekosistem pendidikan vokasi, merupakan salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM.

Tidak berhenti di situ saja, lulusan SMK juga mampu menjadi problem solver untuk permasalahan yang lahir di masyarakat, misalnya seperti pengangguran.

"Lulusan SMK ini kita gembleng tidak hanya belajar teori, tapi 60 persen praktik," tambah Wikan.

Menurutnya, lulusan SMK juga mengikuti kerja praktik di industri untuk mengasah kompetensinya, sehingga menjadi lulusan yang kompeten dan mampu berdaya saing global.

Dengan bekal kompetensi yang tersertifikasi di bidangnya masing-masing, kemudian membaca potensi yang ada membuat lulusan vokasi dapat menjadi lulusan yang siap bekerja dan memasuki dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA).

Tidak berhenti di situ saja, penyelarasan kurikulum yang dilakukan antara industri dan satuan pendidikan vokasi, juga ditanamkannya mindset CEO membuat lulusan vokasi dapat berkarir di bidang wirausaha.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved