Breaking News:

Permintaan Tes Swab di Kota Magelang Tinggi, Pemkot Magelang Tambah Lokasi Pelayanan

Lokasi tersebut, bersamaan dengan fasilitas yang disediakan oleh Pemkot Magelang yakni RS Darurat untuk penanganan Covid-19.

https://asset.kompas.com/crops/a4nRhAABgd0pyGDe5TDDwPIN0c8=/43x9:1000x647/750x500/data/photo/2020/05/12/5eba4ead5ed96.jpg
Ilustrasi tes corona dengan menggunakan metode swab 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menjadikan area luar lapangan tenis indoor Moncer Serius di kompleks Gelora Sanden, Kecamatan Magelang utara, dimanfaatkan untuk tempat tes swab bagi warga.

Lokasi tersebut, bersamaan dengan fasilitas yang disediakan oleh Pemkot Magelang yakni RS Darurat untuk penanganan Covid-19.

Namun, karena berbagai hal pelayanan RS terpaksa dihentikan sementara.

Kepala UPT Gelora Sanden Kota Magelang, Bayu Saputro, mengatakan penggunaan lokasi tersebut karena tingginya permintaan  tes swab di Kota Magelang

"Kami sudah mempersiapkan lokasi tersebut sejak hari Rabu (7/7/2021) kemarin.  Setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) yang melaporkan pelayanan labkes membludak akhir-akhir ini. Kebetulan tenda Kemenkes sudah ada di lokasi sejak adanya RS Darurat di lapangan tenis indoor Moncer Serius. Ada juga tenda dari kepolisian, sehingga kita tinggal menatanya saja sesuai kebutuhan,” jelasnya Senin (12/07/2021).

Ia menambahkan, lokasi di area Gelora Sanden memang sangat luas, sehingga tidak sampai terjadi kerumunan jika warga yang melakukan tes swab banyak. 

Tenda yang ada pun dinilai sudah mencukupi, karena kuota tiap hari juga dibatasi.

“Kebetulan untuk RS Darurat di dalam lapangan tenis juga sekarang sudah kosong, karena sudah dipindahkan ke RS Budi Rahayu. Jadi, sekarang area lapangan tenis untuk tes swab saja,” ungkapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Magelang, dr Intan Suryahati, membenarkan pemanfaatan area tersebut.

Pemindahan ini sementara dilakukan karena Labkes penuh setiap hari.

“Beberapa waktu terakhir warga yang tes swab di Labkes ramai sekali,"terangnya. 

Ia menjelaskan, dengan memanfaatkan lokasi yang cukup luas nantinya masyarakat bisa menunggu antrean di tenda yang sudah disiapkan.

Kemudian, untuk sample pengambilan bisa dilakukan di area lobi lapangan tenis indoor Moncer Serius.

"Dengan begitu tidak akan terjadi penumpukan antrean. Adapun pelayanan tes swab dibuka setiap Senin, Rabu, dan Kamis," tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved