Breaking News:

Hedaline

Pemda DIY Tunggu Surat Resmi Ketika Kemenkeu Izinkan Danais untuk Tangani Pandemi

Kemenkeu memberi lampu hijau kepada Pemerintah DIY untuk memanfaatkan Dana Keistimewaan (Danais) guna menangani pandemi.

Editor: Agus Wahyu
Tangkapan Layar
Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberi lampu hijau kepada Pemerintah DIY untuk memanfaatkan Dana Keistimewaan (Danais) guna menangani pandemi. Meski demikian, pihak Pemerintah DIY mengaku belum menerima surat pemberitahuan secara resmi.

Instruksi tersebut tercantum dalam surat tertangal 10 Juli 2021 yang ditandatangani Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti. Inti surat tersebut berisi keterangan, bahwa Danais bisa digunakan untuk pencegahan maupun penanganan pandemi Covid-19 di DI Yogyakarta.

Merespons hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengaku, belum menerima surat dari Kemenkeu tersebut secara resmi. Kendati demikian, Aji memastikan bahwa dirinya telah memperoleh informasi tentang isi surat tersebut dan mengaku akan segera menindaklanjutinya.

"Surat yang dikirim ke kami secara resmi belum ada, kami sudah dapat dari medsos. Nanti kami pedomani dan laksanakan," terang Aji di kantornya, Senin (12/7/2021).

Aji menjelaskan, tahun ini Danais sudah diapakai untuk menangani dampak pandemi Covid-19 meski tak secara langsung. Pemanfaatannya sesuai dengan lima urusan Keistimewaan yang diatur dalam Undang-Undang Keistimewaan Nomor 13 Tahun 2012.

Lima urusan yang dimaksud meliputi tata cara pengisian jabatan, kedudukan, tugas, dan wewenang gubernur dan wakil gubernur; kebudayaan, pertanahan, tata ruang, dan kelembagaan.

Menurutnya, surat tersebut belum menjelaskan secara rinci terkait apakah Danais boleh digunakan di luar lima urusan keistimewaan tadi."Yang mau kita konfirmasi apakah boleh dipakai di luar lima urusan itu. Kalau boleh tidak terkait lima urusan itu, kita harus melakukan revisi terhadap perubahan usulan anggaran," terangnya.

Jika diizinkan, Pemda DIY akan segera merevisi alokasi pemanfaatan Danais yang nantinya akan diajukan kepada pemerintah pusat. "Itu yang mau dikonfirmasi ke pusat dulu," jelasnya.

Gerak cepat
Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, menyambut dengan gembira kebijakan yang dikeluarkan Kemenkeu tersebut. Pemanfaatan danais tersebut nantinya akan semakin menambah kapasitas fiskal di DIY untuk menghadapi pandemi.

“Kami sudah mengadakan rakor dengan TAPD, Sekda dan pimpinan dewan. Kami berharap kebijakan ini bisa memberi angin segar,” ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved