Breaking News:

Jawa

Pemkot Magelang Luncurkan Aplikasi Si Bulan untuk Mudahkan Urus Dokumen Kependudukan

Aplikasi Si Bulan membantu pemohon untuk mendapatkan akta kelahiran, kartu keluarga (KK), dan Kartu Indonesia Anak (KIA) kurang dari sehari.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja , Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang membuat inovasi berupa aplikasi berbasis android yang bernama "Si Bulan" (Aksi Ibu Pulang Bawa Akta Kelahiran). 

Aplikasi ini, membantu pemohon untuk mendapatkan akta kelahiran, kartu keluarga (KK), dan Kartu Indonesia Anak (KIA) kurang dari sehari.

Inovasi ini pun mendapat apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI dan berhak mengikuti seleksi pada Kompetisi Pelayanan Publik dan Lingkungan tahun 2021.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menyampaikan, tujuan inovasi Si Bulan antara lain memberikan kemudahan dan kecepatan kepada masyarakat dalam pengurusan akta kelahiran, meningkatkan tertib administrasi kependudukan (adminduk) dan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (#GISA) dan meningkatkan cakupan kepemilikan akta kelahiran dan pemutakhiran database kependudukan.

Baca juga: Pemkot Magelang Salurkan Bantuan Pangan untuk Warganya yang Isolasi Mandiri

"Selain itu, tujuan kami adalah ingin membangun sinergi dan kolaborasi dalam pemberian layanan kepada masyarakat, khususnya dalam penerbitan akta kelahiran serta mendukung terwujudnya pelayanan adminduk yang membahagiakan masyarakat," paparnya, Minggu (11/07/2021).

Nilai kebaruan atau keunikan Si Bulan ini,lanjutnya, meliputi penerbitan dokumen akta kelahiran, cepat, tepat dan akurat setelah adanya pelaporan oleh faskes (tidak terjadi penundaan bahkan keterlambatan pelaporan), sehingga hak-hak bayi langsung terlindungi secara hukum.

Kemudian, pelaporan dari Faskes berbasis layanan online dan dokumen yang sudah diterbitkan diantar oleh petugas ke faskes (tidak ada tatap muka di kantor Disdukcapil). 

Outputnya Si Bulan terdiri atas Akta Kelahiran, KIA, KK dan Ucapan Selamat atas Kelahiran anak dari Walikota (4 in 1), dan dokumen kepesertaan BPJS Kesehatan (JKN KIS) atas nama bayi tersebut.

Selanjutnya, implementasi inovasi berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan di daerah, antara lain Disdukcapil Kota Magelang, Faskes persalinan, BPJS, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, RT/RW, kader PKK dan Posyandu serta masyarakat.

Baca juga: Rumah Sakit Darurat Milik Pemkot Magelang Mampu Tampung 65 Pasien Covid-19

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved