Breaking News:

Dinkes Kota Magelang Rencanakan Perekrutan Relawan di Tengah Lonjakan Covid-19

Laju Covid-19 di Kota Magelang sedang mengalami kenaikan. Keadaan ini membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang berencana lakukan perekrutan

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Laju Covid-19 di Kota Magelang sedang mengalami kenaikan.

Keadaan ini membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang berencana lakukan perekrutan relawan kesehatan untuk membantu para petugas di Rumah Sakit (RS) Rujukan.

Plt Kepala Dinkes Kota Magelang, dr Intan Suryahati mengatakan, opsi rencana perekrutan dinilai perlu dilakukan untuk menyeimbangkan jumlah antara pasien dengan tenaga kesehatan (nakes).

Baca juga: Pelatih Baru KAI Bima Perkasa Jogja Akan Didatangkan September Nanti

"Rencana merekrut relawan sudah kami usulkan. Karena, sudah banyak petugas kesehatan yang terpapar Covid-19 sehingga tidak bisa optimal untuk bekerja. Sebaliknya, angka kasus baru terus bertambah," jelasnya kepada Tribun Jogja, pada Jumat (09/07/2021).

Ia menambahkan, dari pendataan terkecil saja melalui Puskemas di Kota Magelang hingga Juli ini sudah terkonfirmasi sebanyak 7 kasus nakes terpapar Covid-19.

Angka tersebut, belum digabung dengan nakes yang bekerja di RS Rujukan atau RS lainnya.

"Pendataan secara menyeluruh baru akan kami lakukan, untuk data berapa banyak nakes yang terpapar masih kami kelola. Nanti, dari data ini juga lah yang menjadi acuan berapa banyak relawan kesehatan yang diperlukan di Kota Magelang," terangnya.

Baca juga: Tak Terima Ditegur Tanam Pohon Bukan di Lahannya, Seorang Adik di Kulon Progo Rusak Rumah Kakaknya

Meskipun baru tahap perencanaan, Ia melanjutkan, pihaknya sudah membuat kriteria relawan yang akan membantu para nakes saat terjadinya lonjakan pandemi ini.

Menurutnya, relawan yang dipilih harus memiliki pengalaman dalam menangani pasien.

"Kalau berapa banyak relawan yang akan direkrut, kami belum sampai ke sana. Namun, kami pastikan relawan yang dipilih nantinya sudah memiliki pengalaman, tidak bisa sembarangan," pungkasnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved