Breaking News:

Presiden Haiti Tewas Ditembak di Rumahnya dalam Sebuah Serangan Tengah Malam

Presiden Haiti, Jovenel Moise (53 tahun) tewas ditembak di rumahnya dalam sebuah serangan pada Rabu (7/7/2021) pukul 01.00 waktu setempat

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
rt
Presiden Haiti, Jovenel Moise 

TRIBUNJOGJA.COM - Presiden Haiti, Jovenel Moise (53 tahun) tewas ditembak di rumahnya dalam sebuah serangan pada Rabu (7/7/2021) pukul 01.00 waktu setempat. Serangan oleh kelompok tak dikenal ini pun melukai Ibu Negara, Martine Moise.

Martine Moïse dilaporkan tiba dengan pesawat di Fort Lauderdale, Florida selatan, untuk perawatan. Tidak ada pernyataan resmi tentang kondisinya.

Akibat peristiwa itu, Perdana Menteri ad interim Claude Joseph mengumumkan bahwa negara sedang dalam kondisi darurat.

Baca juga: Di Haiti, Pertanyaannya Adalah Mati Kelaparan Hari Ini atau Terinfeksi Covid-19 Besok?

Joseph menyebut penembakan presiden sebagai "tindakan keji, tidak manusiawi dan barbar", dengan mengatakan para penyerang adalah "orang asing yang berbicara bahasa Inggris dan Spanyol". Bahasa resmi Haiti adalah Kreol dan Prancis.

Dalam pernyataannya, Joseph bersumpah bahwa mereka akan mampu menangkap dan mengungkap para pembunuh tersebut.

Pihaknya memastikan bahwa semua tindakan telah diambil untuk memastikan jalannya roda pemerintahan. Termasuk dilakukannya pengejaran dan blokade di sejumlah titik agar pelaku dapat terkepung.

Baca juga: Diduga Tentara Bayaran, Haiti Tangkap Tujuh Warga Negara AS, Serbia, dan Rusia

Konstitusi Haiti sendiri memungkinkan para menteri, di bawah kepemimpinan perdana menteri, mengambil kendali jika terjadi kekosongan presiden sampai pemilihan dapat diadakan kembali.

Tapi itu juga masih belum jelas, karena perdana menteri baru, Ariel Henry, baru saja ditunjuk oleh Mo justse minggu ini tetapi belum dilantik.

Adapun Jovenel Moise (53 tahun), telah berkuasa sejak Februari 2017, setelah pendahulunya Michel Martelly mengundurkan diri.

Masa jabatan Moise sulit karena dia menghadapi tuduhan korupsi dan ditantang oleh gelombang protes anti-pemerintah yang sering disertai kekerasan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved