Breaking News:

SEPI Pembeli, Pandemi dan PPKM Darurat Buat Pedagang Pasar Tradisional di Gunungkidul Makin Menjerit

Suasana muram begitu terasa di lorong lantai 1 Pasar Argosari, Wonosari, Gunungkidul pada Rabu (07/07/2021). Area yang didominasi

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Alexander Ermando
Sutarman (54), duduk di depan lapak yang tutup di Pasar Argosari, Wonosari, Gunungkidul. Sejumlah toko tutup sejak PPKM Darurat diberlakukan, namun lainnya memilih tetap bertahan. 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Suasana muram begitu terasa di lorong lantai 1 Pasar Argosari, Wonosari, Gunungkidul pada Rabu (07/07/2021).

Area yang didominasi penjual pakaian tersebut kini begitu sepi, ditambah banyaknya toko tutup.

Sutarman (54), duduk dengan tatapan hampa di depan lapaknya. Sudah beberapa hari ini tak ada pembeli. Lapak di belakangnya pun banyak yang tutup.

Baca juga: Lima Pasar Tradisional di Kota Yogyakarta Ditutup Selama PPKM Darurat, Ini Penjelasan Pemkot

"Banyak yang memilih tutup karena benar-benar sepi pembeli," kata pedagang pakaian tersebut.

Pria asal Kepek ini menuturkan, sejak PPKM Darurat resmi dimulai 3 Juli lalu pendapatan langsung turun drastis. Bahkan hanya menyisakan omset sekitar 3 sampai 4 persen.

Pasalnya, warga pun mulai mengurangi aktivitas berbelanja ke pasar. Selain karena pandemi dan kebijakan pemerintah, kondisi ekonomi juga membuat mereka harus menahan diri.

"Sejak pandemi sudah turun, ditambah PPKM Darurat makin anjlok," ujar Sutarman.

Ia sendiri memilih tetap berjualan karena hanya itulah satu-satunya sumber penghasilan utamanya saat ini. Sebab ada kebutuhan pokok keluarga yang masih harus dipenuhi tiap harinya.

Terlepas dari sepinya pembeli, Sutarman mengaku sedikit khawatir jika dirinya terpapar COVID-19. Namun ia merasa tidak pilihan lain agar kehidupan keluarganya tetap bertahan.

"Yang penting di sini saya patuh protokol kesehatan (prokes), sambil berharap ada satu-dua pembeli yang datang," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved