Breaking News:

Nasional

Mensos RI Sebut Penyandang Disabilitas Jadi Sasaran Prioritas Vaksinasi Covid-19

Kemensos menargetkan hingga akhir tahun ini 564 ribu jiwa penyandang disabilitas yang mendapatkan program vaksinasi.

Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Menteri Sosial Dr. Ir. Tri Rismaharini, MT. saat menjadi pembicara dalam webinar yang bertajuk Vaksin untuk Disabilitas, Jumat (2/7/2021) yang diselenggarakan Pusat Kedokteran Tropis FKK-MK UGM dan Kagama. 

TRIBUNJOGJA.COM - Menteri Sosial Dr. Ir. Tri Rismaharini, MT., mengatakan penyandang disabilitas akan menjadi kelompok prioritas untuk program vaksinasi oleh pemerintah.

Kemensos menargetkan hingga akhir tahun ini 564 ribu jiwa penyandang disabilitas yang mendapatkan program vaksinasi menuju percepatan imunitas komunitas hingga akhir tahun ini.

“Untuk percepatan pelaksanaan vaksinasi  bagi khusus penyandang disabilitas kita targetkan 564 ribu jiwa yang bisa divaksin,” kata Risma dalam webinar yang bertajuk Vaksin untuk Disabilitas, Jumat (2/7/2021) yang diselenggarakan Pusat Kedokteran Tropis FKK-MK UGM dan Kagama.

Untuk mencapai target jumlah penyandang disabilitas menurut Mensos tidaklah mudah apalagi kurangnya informasi dan pemahaman bagi penyandang disabilitas tentang manfaat vaksinasi.

Baca juga: Hingga Akhir Tahun, Kemensos Targetkan 564 Ribu Penyandang Disabilitas Sudah Divaksin Covid-19

Selain itu penyandang disabilitas rentan terpapar Covid-19 karena dalam menjalankan aktivitasnya masih membutuhkan bantuan langsung dari orang lain.

“Karena mereka masih membutuhkan bantuan orang lain maka kita harus memperhatikan kondisi mereka. Mereka juga punya masalah dalam mengakses pelayanan kesehatan. Apalagi pendapatan mereka berkurang akibat  pandemi padahal mereka juga perlu memenuhi kebutuhan dasar sehingga imunitas turun,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Risma menyampaikan apresiasi kepada beberapa pemda yang telah melaksanakan program vaksinasi.

Meski belum semua pemda melakukan hal yang sama. “Itulah kemudian saya minta bantuan semua pihak untuk menginformasikan saudara kita yang disabilitas,”katanya.

Staf Khusus Presiden sekaligus penyandang disabilitas Angkie Yudistia mengatakan Jumlah penyandang disabilitas pada tahun 2020 sekitar 38 juta jiwa.

Penyandang disabilitas terbesar ada di Jawa Barat sebesar 8 juta lebih.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved