Breaking News:

Atlet PON DIY

Lima Cabor Jadi Andalan DIY, KONI Bersiap Menuju PON XXI Aceh-Sumatra Utara

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY mulai mempersiapkan diri guna berpartisipasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Agus Wahyu
Dok Humas KONI DIY
Rapat cabor prospek PON XXI Aceh-Sumut di kantor KONI DIY, Senin (28/6/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY mulai mempersiapkan diri guna berpartisipasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara. Senin (28/6/2021), KONI DIY melakukan rapat dengan sejumlah pengurus cabang olahraga (cabor) yang dianggap punya prospek mendulang medali emas di PON XXI 2024 di kantor KONI DIY.

Pada pertemuan ini dihadirkan sejumlah pengurus cabor berpotensi yakni bela diri hapkido, dansa, renang, balap sepeda, dan e-sport. "Kita mulai 'ancang-ancang' sejak dini. Dari kacamata kami KONI DIY, kelima cabor itu berpotensi untuk mendulang emas di PON 2024," ujar Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto, seusai rapat cabang olahraga prospek PON XXI tahun 2024.

Guna pendataan lebih lanjut, pihaknya meminta informasi dari pengurus daerah (Pengda) cabor terkait. "Apa yang harus dilakukan adalah alasan klasik, kalau daerah-daerah yang kaya anggaran biasanya sudah cari atlet, ini kita berharap lima cabor itu tidak ada yang nanti terus pindah ke daerah lain. Kita minta nanti masing-masing Pengda untuk membuat semacam ikatan, dalam arti membuat mereka nyaman berada di DIY," jelasnya.

Perihal tersebut, Djoko menyebut, bahwa KONI DIY akan berupaya memberikan fasilitasi pendukung para atlet semisal dalam hal mencarikan sekolah, pekerjaan, hingga beasiswa, yang menjadi bentuk perhatian kepada para atlet. Upaya itu bertujuan agar atlet yang tergabung menjadi lebih semangat serta nyaman tinggal di DIY.

Langkah yang dirancang sejak dini ini menurutnya penting mengingat persiapan menuju PON XXI Tahun 2024 yang menyisakan waktu tiga tahun lagi. Selain itu juga ada Pra-PON yang biasa diadakan setahun sebelumnya. Dengan memulai persiapan sedari sekarang, diharapkan hasil yang dituai nanti juga akan menjadi maksimal.

Kemudian berdasarkan hasil rapat, kelima cabor menyatakan siap untuk melakukan pendataan sekaligus pembinaan terhadap atlet-atlet yang berpotensi. "Jadi bersama pengda kita siapkan sedini mungkin karena pada tahun 2022 kita sudah mulai pemusatan latihan daerah Pra-Kualifikasi PON. Sebab pada tahun 2023 kita sudah mengikuti Pra-PON," jelas Djoko.

Ketua Umum Pengda Esport Seluruh Indonesia (ESI) DIY Kombes. Pol. Andri Wibowo, menambahkan sebagai cabor baru pihaknya siap memberikan data-data atlet dan lainnya yang dibutuhkan oleh KONI DIY untuk persiapan PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024.

Sedangkan pada PON XX Papua Tahun 2021, pihaknya berencana mengirimkan lima atlet untuk bertanding dalam cabor ekshibisi esport. Berharap dalam ajang ini, atlet esport DIY dapat memberikan hasil terbaik. (tsf)

Selengkapnya baca Tribun Jogja edisi Selasa 30 Juni 2021 halaman 10.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved