Breaking News:

Jawa

Berada di Zona Merah, Pemkab Magelang Tutup Seluruh Destinasi Wisata

Pemkab Magelang memutuskan melakukan kebijakan penutupan seluruh destinasi wisata di wilayahnya, mulai Selasa (29/06/2021).

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Gaya Lufityanti
Tribun Jogja
Suasana Candi Borobudur di Kabupaten Magelang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang memutuskan melakukan kebijakan penutupan seluruh destinasi wisata di wilayahnya, mulai Selasa (29/06/2021).

Terlebih lagi, wilayah Kabupaten Magelang termasuk ke dalam zonasi merah atau berisiko tinggi dalam penularan.

Hal ini pun ditindak lanjuti oleh Bupati melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang yang mengeluarkan surat Nomor 440.1/1926/01.01/2021 tanggal 28 Juni 2021 tentang pelaksanaan Gerakan Eling lan Ngelingke (ingat dan saling mengingatkan).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan menyusul tingginya tren Covid-19 di Kabupaten Magelang.

Baca juga: Termasuk Zona Merah, Pemkab Magelang Terapkan Kebijakan WFH 75 Persen bagi ASN

"Sesuai dengan SE Gubernur Jawa Tengah dan SE Bupati Magelang, destinasi wisata untuk sementara ini ditutup terlebih dahulu. Ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan supaya virus ini tidak berkembang," jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa (29/06/2021).

Sementara itu, dalam pengendalian penyebaran Covid-19 pihaknya juga melakukan pembatasan kunjungan dan jam operasional di pusat perbelanjaan maupun pasar tradisional.

Serta, melaksanakan operasi yutisi secara terstruktur untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan di tempat-tempat keramaian.

"Untuk pusat perbelanjaan atau mal melakukan pembatasan pengunjung sebesar 25 persen dan dibuka sampai pukul 20.00 WIB. Sedangkan, pasar tradisional sampai pukul 14.00 WIB dengan meliburkan satu hari dalam seminggu untuk melakukan penyemprotan," tuturnya.

Sementara itu, terkait adanya penutupan destinasi wisata di Kabupaten Magelang, Pihak Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan & Ratu Boko Borobudur mendukung kebijakan tersebut.

Plt. GM Unit Borobudur, Jamaludin Mawardi menuturkan, menindaklanjuti arahan Bupati Magelang dengan memperhatikan perkembangan situasi epidemiologi di wilayah tersebut, maka TWC mendukung penutupan sementara objek destinasi wisata TWC Borobudur.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Kabupaten Magelang Jadi Zona Merah

"Dan berharap melalui penutupan ini bisa ikut berpartisipasi dalam proses pemulihan pandemi serta ekonomi di Kabupaten Magelang," terangnya.

Sementara itu, selama penutupan operasional, pihaknya akan terus melakukan kegiatan preventif dalam mengurangi upaya penyebaran Covid-19.

Di antaranya, melakukan penyemprotan disinfektan serta menjaga kebersihan lingkungan sebagai bentuk komitmen terhadap sertifikasi CHSE yang diterima dari Kemenparekraf.

"Semoga upaya yang dilakukan oleh Pemerintah dapat tercapai dan didukung oleh semua pihak sehingga kondisi 
dapat segera membaik, perekonomian dan dunia pariwisata menyusul pulih kembali," pungkasnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved