Breaking News:

Anggota Polres Magelang Ikut Donor, Ketersediaan Darah untuk Seminggu Aman

Polres Magelang menggelar kegiatan donor darah membantu memenuhi kebutuhan darah untuk wilayah Kabupaten Magelang.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Agus Wahyu
Dokumentasi Polres Magelang
Polres Magelang menggelar kegiatan donor darah membantu memenuhi kebutuhan darah untuk wilayah Kabupaten Magelang, Senin (28/06/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Polres Magelang menggelar kegiatan donor darah membantu memenuhi kebutuhan darah untuk wilayah Kabupaten Magelang. Kegiatan donor darah dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-75 Bhayangkara Tahun 2021.

Kegiatan tersebut dilakukan di gedung Bhayangkara Utama, Polres Magelang, Senin (28/6/2021). Kegiatan donor darah ini diikuti sebanyak 122 calon pendonor dari anggota Polri dan Bhayangkari di lingkungan Polres Magelang.

"Donor darah hari ini dihadir pendonor sebanyak 122 orang anggota, namun hasil pemeriksaan kesehatan yang memenuhi syarat untuk donor sebanyak 78 anggota. Sedangkan 44 orang tidak bisa mengikuti donor darah karena alasan medis," jelas AKP Moh. Buhrom selaku Ketua Seksi Bhakti Sosial dan Donor Darah panitia HUT Bhayangkara, Selasa (29/6/2021).

Menurutnya Polres Magelang secara rutin mengadakan donor darah dalam setiap menyambut hari ulang tahun Bhayangkara, maupun hari besar lainya. Tujuannya adalah membantu memenuhi kebutuhan darah di masyarakat melalui PMI.

Ia menegaskan, pelaksanaan donor darah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. "Protokol kesehatan kami terapkan, memastikan pendonor semua tertib dilakukan cek suhu tubuh, menggunakan masker, cuci tangan atau hand sanitizer, dan menjaga jarak," terangnya.

Penanggungjawab Donor Darah PMI Kabupaten Magelang, dr Nurul Badriyah menyebutkan, kegiatan donor darah oleh Polres Magelang telah membantu persediaan darah. "Dengan dukungan dari Polres Magelang membuat ketersediaan darah selama seminggu akan aman", terangnya.

Ia menambahkan, kerjasama bakti sosial kemanusiaan donor darah sukarela oleh keluarga besar Polres Magelang dapat menjadi tradisi yang terus dijaga. Terlebih di masa pandemi Covid 19 saat ini, Polres Magelang memberikan contoh kepedulian terhadap sesama manusia yang sangat membutuhkan darah.

Masyarakat menjadi kembali berani untuk donor darah setelah terpuruk atau takut karena Covid-19. Lebih lanjut Ia menyampaikan dengan kegiatan donor darah massal Polres Magelang harapannya peserta secara berkala sukarela menjadi pendonor.

"PMI akan terus sosialisasi dan jemput bola dalam pelaksanaan donor darah secara sukarela", ucapnya. (ndg)

Selengkapnya baca Tribun Jogja edisi Rabu 30 Juni 2021 halaman 06.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved