Breaking News:

Kasus COVID-19 Meningkat, Pasar Tradisional di Klaten Hanya Boleh Beroperasi Hingga Pukul 14.00

Seluruh Pasar Tradisional di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah hanya boleh beroperasi hingga pukul 14.00 WIB setiap harinya.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Ilustrasi Berita Klaten 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Seluruh Pasar Tradisional di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah hanya boleh beroperasi hingga pukul 14.00 WIB setiap harinya.

Kebijakan tersebut sudah diberlakukan sejak Sabtu (26/6/2021) guna mengantisipasi kerumunan yang berpotensi menjadi sumber penularan COVID-19 di daerah tersebut.

"Setiap hari pasar-pasar tradisonal di daerah Klaten hanya boleh beroperasi hingga pukul 14.00. Kebijakan itu sudah berlaku sejak tanggal 26 Juni," ujar Kabid Pengelolaan Pasar Disdagkop UKM Klaten, Didik Sudiarto, pada Tribunjogja.com, Senin (28/6/2021).

Baca juga: Antrean Membludak, Layanan IGD di Sejumlah Rumah Sakit di DI Yogyakarta Sempat Ditutup 

Menurut Didik, jam operasional pasar yang hanya boleh hingga pukul 14.00 setiap harinya itu bakal berlaku hingga Klaten turun ke zona oranye.

"Batas waktunya mengikuti perkembangan dari status Klaten," ucapnya.

Kata Didik, para pedagang pasar tradisional sudah memahami kebijakan tersebut dan mengikuti instruksi yang telah dikeluarkan oleh Disdagkop UKM Klaten itu.

Ia pun mengklaim, sejak Sabtu hingga saat ini, semua pedagang tradisional yang ada di pasar-pasar Klaten tertib menutup dagangannya menjelang pukul 14.00.

"Sejauh ini belum ada yang didapati Satgas, pedagag itu melanggar atau bersikeras untuk buka. Mereka tertib," urainya.

Dijelaskan Didik, pasar tradisional yang ada di daerah tersebut berjumlah sekitar 50-an pasar.

Pihaknya juga menginstruksikan kepada para pengelola pasar untuk menyemprot disinfektan setiap pedagang selesai berjualan.

Baca juga: Gempa GunungKidul Terasa Hingga Magelang, BPBD Minta Masyarakat Tidak Panik

Hal itu guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 di pasar-pasar tersebut.

"Betul, setiap selesai berdagang, pasar disemprot disinfektan. Kalau pedagang setop berjualan pukul 14.00, sekitar 14.30 pengelola pasar menyemprot semua area," imbuhnya. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved