Breaking News:

Gempa Gunungkidul

Gempa Gunungkidul Terasa Hingga Desa di Lereng Gunung Merapi Klaten, Ini Penjelasan BPBD

Gempa bumi M 5,3 yang berpusat di selatan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta juga terasa kuat hingga Kabupaten Klaten

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
ist
Ilustrasi gempa bumi 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Gempa bumi M 5,3 yang berpusat di selatan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta juga terasa kuat hingga Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Meski demikian, belum ada laporan kerusakan yang masuk akibat gempa yang terjadi pada Senin (28/6/2021) sekitar pukul 05.15 itu ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten.

"Sejauh ini belum ada laporan  yang masuk ke BPBD terkait kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," ujar Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten, Sri Yuwana Haris Yulianta saat dikonfirmasi Tribun Jogja.

Baca juga: DPRD Kota Yogyakarta Tak Akan Restui Pembelajaran Tatap Muka Sebelum Tanggap Darurat Dicabut

Haris mengatakan, jika getaran yang ditimbulkan akibat gempa tersebut terasa cukup merata di seluruh wilayah Kabupaten Bersinar.

Warga juga sempat berhamburan keluar rumah dan membunyikan kentongan tanda bahaya.

Sementara itu, Kepala Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Sutarno juga menyebut guncangan gempa bumi M 5,3 tersebut juga terasa hingga di desa lereng Gunung Merapi tersebut.

"Bahkan awalnya saya mengira itu sumbernya dari Gunung Merapi," ucapnya saat dikonfirmasi.

Ia mengatakan, warga setempat juga sempat keluar rumah untuk menyelamatkan diri karema guncangan gempa terasa cukup kuat.

Sedangkan, BMKG dalam keterangan tertulisnya mengatakan, Hari Senin, 28 Juni 2021 pukul 05:15:29 WIB wilayah Selatan Jawa diguncang gempa tektonik.

Baca juga: Rumah Warga di Purwosari Gunungkidul Terdampak Gempa Magnitudo 5,3

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M 5,3 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw 5,1.

Adapun, episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,56 LS dan 110,58 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 66 km arah Selatan Kota Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, DI. Yogyakarta pada kedalaman 61 km. BMKG juga menyebut gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved