Breaking News:

ADVERTORIAL

Ketua DPRD Kabupaten Magelang : Perda Pemberantasan Narkoba Siap Diluncurkan

DPRD Kabupaten Magelang siapkan Raperda Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Narkoba.

Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Suasana acara Konsolidasi Kebijakan Kota Tanggap Narkoba yang digelar BNN Kabupaten Magelang di Hotel Shankara Borobudur, Selasa (22/6/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM - Kasus penyalahgunaan narkotika dan psikotropika, dan obat terlarang (narkoba) di wilayah Kabupaten Magelang sangat memprihatinkan.

Karenanya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyiapkan Raperda Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Narkoba.

Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adiyanto mengungkapkan keprihatinannya dengan kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah ini yang terus meningkat.

Pada tahun 2018 tercatat ada 22 kasus, meningkat di tahun 2019 menjadi 39 dan pada 2020 menjadi 44 kasus.

Baca juga: Bupati Magelang Serahkan Bantuan Hibah Keagamaan Sebesar Rp16 Miliar

“Trend-nya sudah menyasar kalangan pelajar dan desa-desa di pelosok. Ini tidak bisa dibiarkan,” kata Saryan dalam acara Konsolidasi Kebijakan Kota Tanggap Narkoba yang digelar BNN Kabupaten Magelang di Hotel Shankara Borobudur, Selasa (22/6/2021).

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala BNN Kabupaten Magelang, Perwakilan Pemkab Magelang serta unsur TNI Polri dan juga tokoh masyarakat. 

Satu di antara yang materi yang dibahas adalah peran serta dan kewenangan lembaga daerah dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba di wilayahnya. 

Saryan mengatakan upaya pencegahan terhadap ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba harus dilakukan secara massif, terstruktur dan melibatkan semua stakeholder.

Dalam hal ini, DPRD Kabupaten Magelang menjalankan fungsi sebagaimana dalam Pasal 2 Peraturan DPRD Kabupaten Magelang Nomor 1 Tahun 2019 yakni pembentukan peraturan daerah (Perda), penganggaran dan fungsi pengawasan.

Adapun salah satu wujud nyata keikutsertaannya, DPRD Kabupaten Magelang telah menyiapkan Raperda Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Narkoba.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved