Breaking News:

Jawa

Vaksinasi Covid-19 di Klaten Sempat Timbulkan Kerumunan, Dinkes : Kita Bubarkan dan Jadwal Ulang

Dinkes bakal menjadwal ulang peserta vaksin yang datang berbondong-bondong ke Gedung Sunan Pandanaran tersebut agar tidak terjadi lagi penumpukan.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Suasana antrean vaksinasi massal di Gedung Sunan Pandanaran, Komplek RSPD Klaten, Kamis (24/6/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Warga Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sempat memadati lokasi vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten di Gedung Sunan Pandanaran, Komplek RSPD Klaten, Kamis (24/6/2021).

Membludaknya masyarakat yang hendak mengikuti vaksinasi Covid-19 di lokasi tersebut menyebabkan protokol kesehatan, khususnya jaga jarak sempat sulit diterapkan.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan pihaknya terpaksa membubarkan antrean vaksin massal tersebut karena tak mau mengambil risiko.

"Ini terpaksa kita bubarkan dulu karena tidak mau mengambil risiko karena terjadinya penumpukan antrean," ucapnya saat ditemui wartawan di sela-sela program vaksinasi massal tersebut.

Baca juga: Klaten Zona Merah Covid, Seluruh Obyek Wisata di Klaten Ditutup

Anggit mengatakan, pihaknya bakal menjadwal ulang peserta vaksin yang datang berbondong-bondong ke Gedung Sunan Pandanaran tersebut agar tidak terjadi lagi penumpukan.

Menurutnya, terjadinya kerumunan antrean vaksin massal tersebut pada awalnya karena adanya kemunduran jadwal vaksin.

Selain itu juga terjadi miskomunikasi antara panitia vaksin massal dengan peserta vaksin dari forum kerukunan umat beragama (FKUB).

"Jadwalnya kan jam 08.00 pagi, tapi prosesnya baru dimulai sekitar jam 09.30 pagi sehingga terjadi penumpukan," ucapnya.

Ditegaskan Anggit, para peserta yang menerima vaksin tersebut bakal dijadwal ulang dan tidak dicoret dari daftar penerima vaksin Covid-19 massal tersebut.

"Mereka kita reschedule. Tidak dicoret. Hari ini jadwal penerima vaksin adalah TNI, Polri, pendidik hingga pegawai pemerintah," jelasnya.

Baca juga: Kasus COVID-19 Terus Naik, Tingkat Keterisian di 12 RS Rujukan di Klaten Nyaris Penuh

Sementara itu, seorang peserta vaksin massal, Asep Bakri sempat kaget saat tiba di lokasi vaksin massal tersebut.

"Saya jadwal vaksin jam 11 pagi. Otomatis sebelum jam itu saya datang, saat di lokasi teryata antreannya cukup ramai," ujar warga Bayat itu.

Pantauan Tribunjogja.com di lokasi sekitar pukul 11.30 lokasi antrean vaksin massal di Gedung Sunan Pandanaran itu sudah kembali normal.

Sejumlah aparat kepolisian tampak berjaga-jaga mulai pintu masuk komplek gedung hingga pintu masuk gedung tersebut. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved