Breaking News:

Sport

Rugby DI Yogyakarta Akan Gelar Uji Tanding Lawan Tim Papua dan Aceh

Puslatda PON rugby D.I. Yogyakarta berencana gelar try ini pada 3-4 Juli 2021 mendatang di Yogyakarta.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Humas KONI DIY
Tim Rugby DIY 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kotingen Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) Rugby DI Yogyakarta berencana gelar try ini pada 3-4 Juli 2021 mendatang di Yogyakarta.

Hal tersebut dilakukan oleh pelatih kepala tim Rugby DIY, Abdul Mahfudin Alim sebagai upaya untuk menggenjot latihan atletnya sebagai persiapan PON XX Papua Oktober 2021.

"Formatnya nanti kita akan lakukan dengan latih tanding lawan tim rugby dari Papua dan Aceh, dan kita laksanakan denga prokes (protokol kesehatan) ketat," ujarnya, Kamis (24/6/2021).

Selanjutnya, try in tersebut digelar karena melihat selama pandemi Covid-19 merebak di Indonesia, tidak adanya turnamen maupun kompetisi sama sekali untuk cabor rugby, termasuk juga ketiadaan event dari Pengurus Besar Persatuan Rugby Union Indonesia (PB PRUI). 

Baca juga: Ketum KONI DIY Apresiasi Prestasi Atlet Panahan Arif Dwi Pangestu di Ajang Internasional

Menyusul kondisi tersebut pihaknya pun berinisiatif melakukan koordinasi dengan tim dari beberapa provinsi untuk menggelar uji tanding.

Hal itu pun direspon positif oleh tim rugby Papua yang juga tuan rumah PON 2021, dan tim rugby Aceh yang akan menjadi tuan rumah berikutnya untuk PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Mahfudin berharap dengan kegiatan latih tanding tersebut, dapat mengukur dan melihat sejauh mana hasil latihan tim rugby putra dan putri DIY selama ini.

"Rencana latih tanding dengan 3 tim saja, yakni DIY, Papua, dan Aceh pada awal Juli 2021. Karena selama ini tidak ada turnamen, dari PB juga tidak ada event sama sekali. Mudah-mudahan nanti bisa meningkatkan skill dan mengetahui kemampuan lawan, maka dari itu uji coba ini mau tidak mau harus kita adakan," ujar Mahfudin.

Perihal melawan tim unggulan seperti Papua, menurutnya hal itu dapat menjadi kesempatan bagus bagi anak-anak didiknya terutama untuk membiasakan diri bertanding dengan tim tangguh. 

Di samping itu ia jug melihat, latih tanding ini akan merepotkan bagi tim putri DIY, namun tidak bagi tim putra DIY yang optimis dapat mengimbangi kemampuan tim putra Papua dalam pertandingan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved