Breaking News:

Dinkes Kota Magelang Pastikan Ketersediaan Tabung Oksigen di Rumah Sakit Masih Mencukupi

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang memastikan ketersediaan oksigen di wilayahnya masih aman dan mencukupi kebutuhan.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
Samuel Ramos/Unsplash.com
Ilustrasi tabung oksigen 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang memastikan ketersediaan tabung oksigen di wilayahnya masih aman dan mencukupi kebutuhan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, dr Intan Suryahati menuturkan, pihaknya telah melakukan pengecekan pasokan oksigen di rumah sakit ketika mendengar beberapa wilayah stoknya menipis.

Baca juga: Tim Pemakaman Jenazah Covid-19 Harus Menghadapi Kondisi Geografis yang Sulit di Gunungkidul

"Masih aman dan terkendali untuk oksigen di rumah sakit umum maupun swasta di sini (Kota Magelang). Meskipun, pengiriman oksigen tidak lagi full seperti biasa, namun kami pastikan masih mencukupi," jelasnya kepada Tribun Jogja, pada Kamis (24/06/2021).

Ia menambahkan, untuk perincian jumlah stok oksigen di rumah sakit belum bisa disebutkan.

Begitupun dengan, tingkat kebutuhan per hari yang biasanya terpakai oleh pasien di masing-masing rumah sakit.

"Kalau jumlah stok dan kebutuhan secara keseluruhan memang belum ada pendataan secara detail. Namun, sampai saat ini belum ada rumah sakit yang mengeluhkan kekurangan oksigen," tuturnya.

Sementara itu, untuk tingkat keterisian tempat tidur (TT) di rumah sakit (RS) rujukan juga masih aman. Ada sisa sekitar 71 TT.

Baca juga: COVID-19 di Klaten Masih Fluktuatif, Dinkes: Didominasi Kontak Erat dan Transmisi Lokal

Dengan rincian, sisa 12 TT di RSU tidar, sisa 17 TT di RST dr Soedjono Magelang, sisa 18 TT di RSJ Kota Magelang, dan RS Budi Rahayu sisa 8 TT.

"Kami juga menyediakan ruang isolasi mandiri di dua hotel yakni Borobudur dan Hotel Safira. Untuk hotel Borobudur terdapat 76 TT sedangkan Hotel Safira tersedia 104 TT. Kami harap, dengan adanya tambahan fasilitas ini bisa mengantisipasi kekurangan tempat tidur di tengah lonjakan kasus Covid-19," tambahnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved