Breaking News:

Kabupaten Bantul

Tanpa Keluarkan Peti dari Ambulans, Relawan Beri Kesempatan Keluarga Doakan Jenazah Pasien Covid-19

Relawan yang bertugas tetap mementingkan rasa kemanusiaanya dengan mengizinkan keluarga yang berduka untuk mendoakan jenazah.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
Istimewa
Ilustrasi pemakaman jenazah pasien Covid-19. 

TRIBUNJOGJA.COM - Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Bantul terus melakukan pelayanan pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19

Ketua FPRB Kabupaten Bantul, Waljito menjelaskan relawan FPRB telah tersebar di 75 desa di Kabupaten Bantul dengan jumlah pengurusnya sekitar 1.500 orang, belum termasuk jumlah anggota di masing-masing desa.

Waljito menjelaskan para relawan ini tak hanya bertugas melakukan pemulasaran dan pemakaman saja, tapi juga turut memberikan sosialisasi ke masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan saat pandemi Covid-19.

Ia menilai, yang terjadi saat ini adalah euforia masyarakat yang sudah divaksin seolah-olah kebal dengan Covid-19, yang berujung pada abainya protokol kesehatan.

Baca juga: 10 Personel TRC BPBD Kota Yogya Terpapar Covid-19, Layanan Pemakaman Jenazah Tetap Berjalan

Dalam kesempatan itu ia juga mengakui bahwa jumlah kematian di Kabupaten Bantul cukup tinggi.

"Pernah ada 7 pemakaman dalam satu desa. Yang di Timbulharjo kemarin saja sehari ada 5 pemakaman," ujarnya Rabu (23/6/2021).

Ia menjelaskan, bahwa relawan yang bertugas tetap mementingkan rasa kemanusiaanya dengan mengizinkan keluarga yang berduka untuk mendoakan atau menyalatkan jenazah terlebih dahulu sebelum dimakamkan.

Hal itu tetap dilakukan meski saat pemulasaraan di RS, jenazah sudah disalatkan.  

"SOP-nya saat pemulasaran di RS, jenazah sudah disalatkan, tapi kalau keluarga dan masyarakat ingin menyalatkan jenazah maka ambulans akan berhenti di depan rumah duka, keluarga dan masyarakat bisa menyalatkan tanpa menurunkan peti dari ambulans," ungkapnya.

Setelah itu, ambulans akan bergerak ke lokasi pemakaman dan dilakukan proses pemakaman.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved