Breaking News:

Kasus Covid-19 Klaster Gathering Untidar Magelang Bertambah Jadi 57 Orang

Penularan Covid-19 tersebut diduga terjadi saat kegiatan Gathering Fakultas Teknik Untidar Magelang

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/Nanda Sagita Ginting
Gedung dr H.R. Suparsono Untidar Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Jumlah mahasiwa Universitas Tidar (Untidar) yang terkonfirmasi positif Covid-19  bertambah menjadi 57 orang.

Penularan Covid-19 tersebut diduga terjadi saat kegiatan Gathering Fakultas Teknik Untidar.

Adanya tambahan kasus terjadi setelah Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang melakukan tes swab massal. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, dr Intan Suryahati, menuturkan pada Selasa (15/06/2021) lalu telah dilakukan swab massal kepada mahasiswa yang mengikuti Gathering.

Di mana, sebelumnya mahasiswa  sudah melakukan isolasi mandiri dan hasilnya dari 87 peserta 34 orang positif.

"Lalu, pada (17/06/2021) salah seorang mahasiswa terkonfirmasi positif setelah melakukan swab mandiri.Kemudian, ada laporan dua mahasiswa di Secang dan satu di Purworejo juga terkonfirmasi positif, maka hingga Senin (21/06/2021) kemarin total yang terkonfirmasi mencapai 57 orang," jelasnya saat dihubungi Tribunjogja.com, pada Selasa (22/06/2021).

Dengan adanya penambahan kasus Covid-19 dari klaster Gatehring Untidar, lanjutnya, menambah jumlah lonjakan kasus di Kota Magelang.

Sehingga, pihaknya pun terus melakukan tracing guna mendeteksi penularan terutama yang pernah melakukan kontak erat terhadap pasien.

"Sampai sekarang masih masih terus lakukan tracing. Sehingga, kami minta kepada masyarakat atau orang yang pernah melakukan kontak  erat dengan para pasien untuk jujur agar bisa diberikan penanganan," ucapnya.

Saat ini, para pasien klaster Gathering Untidar sudah menjalani karantina terpusat di hotel Borobudur, hotel Safira Magelang, hingga rumah sakit rujukan.

Di mana, kedua hotel tersebut dijadikan oleh Pemkot Magelang sebagai tempat karantina bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

"Mereka (pasien terkonfirmasi klaster Gathering) sudah mendapatkan perawatan dan dilakukan karantina. Ada yang di hotel Borobudur dan Safira. Sebagian lagi, ada di RS Budi Rahayu dan RSJ Kota Magelang," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved