Breaking News:

Pemkab Gunungkidul Gandeng Tribun Jogja Promosikan Produk Lokal

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul akan menggelar Pameran Virtual Industri Kecil Menengah (IKM) dalam rangka mempromosikan produk asli daerah

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Alexander Ermando
Pertemuan antara Bupati Gunungkidul Sunaryanta dan tim Tribun Jogja membahas persiapan Pameran Virtual IKM serta aplikasi Gerbang Pak Probo, Senin (21/06/2021) pagi. 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul akan menggelar Pameran Virtual Industri Kecil Menengah (IKM) dalam rangka mempromosikan produk asli daerah. Tribun Jogja pun digandeng untuk penyelenggaraannya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan promosi produk lokal ini menjadi bagian dari visi-misinya. Sebab ia meyakini ada potensi besar yang belum dioptimalkan.

"Potensi ini yang perlu dikembangkan lagi, itu yang jadi keinginan saya agar Gunungkidul bisa maju berkembang," katanya di Sekretariat Daerah (Setda) Gunungkidul, Senin (21/06/2021) pagi.

Baca juga: Kapasitas Bed Pasien COVID-19 di RSUD Panembahan Senopati Penuh Meski Telah Tambah 10 Bed

Menurut Sunaryanta, promosi produk lokal berkaitan dengan 3 program prioritas yaitu Pariwisata, Ekonomi Kerakyatan, dan Investasi. Ia akan mendorong ketiganya berkembang bersama sehingga masyarakat tinggal menikmati hasilnya nanti.

Ia pun berharap kerjasama dengan Tribun Jogja lebih meningkat lagi ke depan. Tak hanya di bidang promosi produk lokal, tapi juga merambah ke bidang lain, terutama terkait dengan era digitalisasi.

"Saya harapkan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lain bisa bekerjama juga dengan model seperti ini," ujar Sunaryanta.

Adapun Tribun Jogja membantu mengembangkan program Gerbang Pak Probo (Gerakan Bangga Pakai Produk Buatan Gunungkidul). Pengembangan dilakukan dalam bentuk toko virtual.

Pemimpin Redaksi Tribun Jogja Ribut Raharjo menilai produk UMKM Gunungkidul layak dilakukan akselerasi. Sebab potensi hingga manfaat yang ditimbulkan bisa sangat besar.

"Kami bantu bagaimana menghadirkan inovasi dalam bentuk ekosistem digital, sesuai tren saat ini," jelas Ribut.

Ia mengatakan promosi gencar secara digital akan bisa menaikkan nilai investasi di Gunungkidul. Apalagi produk lokal daerah ini sudah memiliki keunggulan dan ciri khas tersendiri.

Baca juga: Peringati HUT ke-75 Bhayangkara, Polres Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 secara Massal

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul Johan Eko Sudarto mengatakan Pameran Virtual IKM akan dibuka pada 23 Juni mendatang.

"Pameran ini akan dibuka oleh Bupati langsung, bertempat di gedung Terminal Dhaksinarga Wonosari," kata Johan.

Adapun konsep pameran virtual dipilih menyesuaikan situasi pandemi COVID-19. Meski demikian, pihaknya tetap optimis pameran bisa menjaring publik lebih luas karena dilakukan secara virtual. (alx)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved