Breaking News:

Produk Makanan dari Bahan Baku Porang Peluang Baru bagi UMKM di DI Yogyakarta

Produk makanan dari bahan baku Porang merupakan peluang baru bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Karena itu Porang merupakan kekayaan hayati

Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Pemilik RPI (Raja Porang Indonesia) Thomas Raja Santosa, Sang Penakhluk Porang Terzag Ibu Muttie SAg, Dewan Penasehat Kadin DIY Tazbir Abdullah MHum, Geber UMKM dan Pegiat UMKM Makanan Berbahan Baku Porang Tetra Budiarto. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Produk makanan dari bahan baku Porang merupakan peluang baru bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Karena itu Porang merupakan kekayaan hayati yang harus dijaga.

Hal itu disampaikan dalam Seminar Nasional "Porang Mendongkrak UMKM" yang diselenggarakan oleh Raja Porang Indonesia (RPI) bekerjasama dengan DPC HIPPI (Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia) Sleman yang didukung oleh KADIN DIYm di Hotel Grand Rosela Yogyakarta, Jumat (18/6/2021) sore.

Baca juga: Info Prakiraan Cuaca BMKG DI Yogyakarta Hari Ini Sabtu 19 Juni 2021, Ada Potensi Hujan RIngan-Sedang

"Sampai saat ini saya belum pernah melihat di Yogyakarta ada UMKM, minimarket, outlet yang menjual produk makanan olahan dari Porang. Sehingga ini peluang besar bagi UMKM," kata Geber UMKM dan Pegiat UMKM Makanan Berbahan Baku Porang, Tetra Budiarto.

Untuk itulah, kata Ketua DPC HIPPI Sleman Atik Sri Purwantiningsih SE MAcc Akt, berharap Porang bisa menjadi alternatif usaha bagi pelaku UMKM yang terdampak Covid-19.  

Dewan Penasehat Kadin DIY Tazbir Abdullah MHum mengakui dari hasil mempelajari tentang Porang dan bertanya dengan beberapa teman yang mengetahui tentang Porang, tidak pernah dengar sisi negatif Porang.

Semuanya mengakui keunggulan Porang. Bahkan Porang merupakan komoditas unggulan Indonesia yang diekspor ke beberapa negara di dunia. 

Karena itu ada peluang baru bagi UMKM dan dengan adanya seminar Porang yang baru pertama kali di Yogyakarta ini bisa lebih memotivasi untuk menggerakkan ekonomi dan kesejahtaraan rakyat.

"Ilmu para pakar Porang di sini harus kita tangkap dengan cepat," kata mantan Staf Ahli Menteri Pariwisata ini.

Menurut Pemilik RPI (Raja Porang Indonesia) Thomas Raja Santosa, Porang banyak ditanam di Jawa Timur dan Jawa Timur merupakan lumbung Porang nasional.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved