Breaking News:

Generasi Milenial Harus Dilibatkan untuk Pengelolaan Veneu PON XX

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Jhon Wempi Wetipo meminta pengelolaan aset veneu PON nantinya melibatkan generasi milenial.

Editor: Hari Susmayanti
Tribun-Papua.com/ ROY RATUMAKIN
Gedung Olahraga (GOR) Cenderawasih merupakan satu di antara venue PON XX Papua. 

TRIBUNJOGJA.COM, PAPUA - Pemerintah pusat sudah menggelontorkan anggaran cukup besar untuk membangun sejumlah venue olahraga di Papua untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Sejumlah veneu yang selesai dibangun oleh pemerintah pusat saat ini sudah diserahkan kepada pemerintah daerah.

Harapannya, setelah pelaksanaan PON 2021 nanti, venue-venue yang cukup megah tersebut tetap dikelola dan dirawat dengan baik sehingga kedepan bisa meningkatkan prestasi olahraga di tanah Papua.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Wamen PUPR) Jhon Wempi Wetipo meminta pengelolaan aset veneu PON nantinya melibatkan generasi milenial.

"Pemuda pemudi orang asli Papua harus terlibat mengelola aset venue PON, ya ke depan anak-anak muda inilah akan menjaga dan mewarisi insfrastruktur fisik PON XX yang sudah dibangun," kata Wamen PUPR Jhon Wempi Wetipo menjawab ANTARA di Jayapura, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Perbaikan Dermaga Pelabuhan Pomako Ditargetkan Selesai Agustus, Siap Sambut PON XX 2021 Papua

Baca juga: Dahlan Dahi: Kami Sudah Lama Ingin Hadir di Papua, Namun Baru Kali Ini Terealiasasi

Ia mengakui, pelibatan generasi muda milenial Papua menjaga aset PON XX harus menjadi perhatian pemerintah karena banyak talenta muda Papua memiliki kemampuan secara manajemen dan kepemimpinan.

Era saat ini, menurut Wamen PUPR Jhon Wempi Wetipo, merupakan masanya kaum muda milenial Papua diberi kesempatan dan peluang berkarya terlibat menjaga aset venue PON XX.

"Sejumlah fasilitas venue PON XX Papua yang telah dibangun pemerintah melalui dukungan dana APBN, sehingga fasilitas semewah ini harus tetap dirawat dan dijaga bersama sehingga bisa bermanfaat bagi generasi muda Papua ke depan," tegas mantan Bupati Jayawijaya dua periode itu.

Wamen PUPR Wempi Wetipo berharap, dengan fasilitas yang bagus diharapkan juga berkorelasi dengan peningkatan prestasi atlet Papua di ajang PON XX.

Fasilitas venue PON XX Papua yang sudah diserahkan ke pemerintah daerah setempat, di antaranya Arena Aquatic dan Istora Papua Bangkit di kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan venue Cricket dan lapangan Hockey (indoor dan outdoor) di kompleks olahraga Doyo Baru, Distrik Waibu di Kabupaten Jayapura.

Sedangkan venue lain yang masih dikerjakan yakni venue dayung di teluk Holtekam, sepatu roda di Buper Waena dan venue panahan di kawasan Stadion Lukas Enembe.

PON XX Papua dijadwalkan berlangsung 2-15 Oktober 2021 di empat kluster penyelenggara di antaranya Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, Mimika dan Kabupaten Jayapura mempertandingkan 37 cabang olahraga. 

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Wamen PUPR Minta Milenial Papua Dilibatkan untuk Kelola Aset Venue PON XX

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved