Breaking News:

Cabor Sambo DIY Akan Gelar Kerjuda Untuk Kali Pertamanya

Pengurus Daerah Persatuan Sambo Indonesia (Pengda Persambi) DI.Yogyakarta segera menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) untuk kali pertamanya.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
dok Humas KONI DIY
Pengda Persambi DIY melakukan audiensi dengan KONI DIY, di kantor KONI DIY 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pengurus Daerah Persatuan Sambo Indonesia (Pengda Persambi) DI.Yogyakarta segera menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) untuk kali pertamanya.

Hal tersebut sebagai bentuk persyaratan untuk menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY.

Lantaran pada Musyawarah Olahraga Daerah (Musorda) bulan Maret 2021 lalu, Persambi DIY belum resmi disahkan sebagai anggota karena masih memiliki beberapa persyaratan yang kurang.

Baca juga: Kasus Covid-19 di DI Yogyakarta Melejit, Tempat Wisata Terancam Tutup, Ini Penjelasan Pemda DIY

Rencana Kejurda tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia Kejurda Sambo DIY tahun 2021, Lafran Arse Jamaluddin bahwa kerjuaraan tersebut akan dihelat pada 20 Juni 2021 besok ini.

"Ini kali pertama Kejurda Persambi akan diadakan. Alhamdulillah diikuti sekitar 75 peserta dari 4 kabupaten dan 1 kota yang ada di DIY. Kejurda ini akan mempertandingkan kelas junior di bawah 15 tahun, yang selama ini Sambo di Indonesia belum pernah mempertandingkan kelas junior. Untuk kategorinya kita tetap mengikuti juklak / juknis dari PB Persambi yaitu kategori sport dan combat," ujarnya.

Selaras dengan itu, Persambi juga akan sekaligus menggelar sertifikasi wasit di Padepokan Judo Pengda PJSI DIY, Sorowajan, Banguntapan, Bantul, DIY, pada Sabtu (19/6/2021). 

Agenda ini merupakan syarat utama untuk menjadi wasit daerah serta syarat syarat untuk mengikuti sertifikasi wasit nasional, selain itu juga sebagai ajang seleksi Kejurnas Sambo di Bandung, Jawa Barat pada 3-4 Juli 2021 yang akan datang.

Selanjutnya, sehubungan dengan Kejurda, Sambo memiliki kategori combat, yang akan diikuti atlet putra dengan klasifikasi berat badan mulai dari 53 kilogram (kg) sampai dengan over plus 98 kg. 

Sedangkan kategori sport yang diikuti atlet putra maupun putri, masing-masing dimulai dari kelas 53 kg sampai dengan over plus 98 kg, dan 47 kg sampai dengan over plus 80 kg. 

Perihal tujuan diadakannya kegiatan kejurda ini tak lepas dari peran sambo sebagai olahraga prestasi yang diharapkan dapat menghasilkan atlet-atlet potensial yang berprestasi dan dapat mewakili Persambi DIY di ajang kejurnas nantinya. 

Baca juga: Info Prakiraan Cuaca BMKG DI Yogyakarta Hari Ini Jumat 18 Juni 2021, Masih Ada Potensi Hujan

Kemudian dalam ajang kejurnas itu juga diharapkan ada atlet yang meraih prestasi, dan mewakili DIY di ajang eksibisi cabor sambo Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada Oktober 2021 mendatang.

"Di ajang kejurnas nanti kita akan berangkatkan minimal dari tiap kabupaten/kota 1 atlet, baik kelas combat maupun sport. Saat ini memang sudah terdata ada 9 atlet yang akan berangkat ke kejurnas. Untuk sertifikasi wasit ada 10 peserta dari perwakilan kabupaten/kota yang ada di DIY," jelas pria yang juga merupakan Ketua Bidang (Kabid) Pembinaan Prestasi Persambi DIY ini.

Sekretaris Umum Persambi DIY Radityo Muhammad yang turut hadir berikut dengan Pelatih Persambi Pintoko Darupinto K., juga menyampaikan, pihaknya menggelar event kejurda tersebut juga untuk memenuhi salah satu persyaratan menjadi Anggota KONI DIY. (tsf)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved