Breaking News:

Penyakit Diabetes

Tak Perlu Obat, Begini 5 Cara Alami untuk Menurunkan Gula Darah Anda

Jika gula darah Anda sudah terlampau tinggi, segera lakukan cara sehat tanpa obat dan mudah ini untuk menurunkan gula darah

Editor: Rina Eviana
net
Ilustrasi pengukuran kadar gula darah 

Tribunjogja.com - Jika gula darah Anda sudah terlampau tinggi, segera lakukan cara sehat tanpa obat dan mudah ini untuk menurunkan gula darah sebelum penyakit Diabetes menghantui Anda.

Gula darah, atau glukosa darah, adalah ukuran jumlah glukosa dalam darah Anda. Ketika Anda makan karbohidrat, tubuh Anda memecah karbohidrat itu menjadi glukosa.

Gula dalam darah bertujuan untuk memberi energi pada sel dan organ tubuh. Namun, jumlah gula darah yang terlalu banyak bisa menyebabkan hiperglikemia.

Ilustrasi diabetes, pengukuran gula darah
Ilustrasi diabetes, pengukuran gula darah (stevepb via pixabay)

Namun harus dipahami, jumlah gula darah yang terlalu tinggi dan tidak terkontrol dapat mengakibatkan Anda mengalami Diabetes.

Gula darah tinggi terjadi ketika tubuh Anda tidak membuat cukup atau secara efektif menggunakan insulin.

Insulin adalah hormon yang mengatur glukosa darah dan membantu memasuki sel-sel Anda untuk energi. Gula darah tinggi atau hiperglikemia dikaitkan dengan diabetes. 

Dan, berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), Indonesia berstatus waspada diabetes karena menempati urutan ke-7 dari 10 negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi. 

Prevalensi pasien pengidap Diabetes di Indonesia mencapai 6,2%. Yang artinya, ada lebih dari 10,8 juta orang menderita Diabetes pada 2020 lalu.

Baca juga: Daftar Sayuran yang Baik untuk Penderita Diabetes, Bisa Bantu Kendalikan Gula Darah

Nah, berikut 5 cara mudah menurunkan kadar gula darah secara alami, mengutip Healthline:

1. Kelola asupan karbohidrat Anda

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved