Breaking News:

Headline

Pemkot Perbaiki Fasilitas Selter OTG Bener, Ruang Karantina Tersisa Empat Kamar

Ketersediaan ruang perawatan Covid-19 di Kota Yogyakarta semakin menipis, seiring lonjakan kasus yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Agus Wahyu
Dok Humas Pemkot Yogyakarta
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkot Yogya saat meninjau kesiapan shelter penampungan pasien OTG Covid-19 di kawasan Tegalrejo, belum lama ini. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mencatat selter khusus orang tanpa gejala (OTG) di Rusunawa Bener, Kecamatan Tegalrejo, saat ini tinggal tersisa dua unit, atau empat kamar.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, pihaknya berupaya melakukan penambahan kapasitas kamar. Sebab, sebenarnya masih ada beberapa unit yang belum terpakai, lantaran kondisinya rusak.

"Ada enam unit atau 12 kamar yang kami perbaiki karena mampet salurannya," jelasnya, Kamis (17/6/2021).

Ia menyampaikan, dari total kapasitas 84 kamar, selama ini memang belum pernah terisi penuh karena tingkat keluar masuk pasien yang tinggi. Tetapi, adanya lonjakan kasus dengan segala risikonya harus diantisipasi.

"Keluar masuknya juga tinggi, setiap hari pasti ada yang keluar, atau masuk. Jadi, belum pernah sampai penuh, itu. Biasanya unit terpakai semua tapi kamarnya belum full," tegas Wakil Wali Kota Yogyakarta tersebut.

"Selain itu, kita juga minta wilayah mengaktifkan kembali selter di Balai RW dan Balai RK yang kemarin sempat off, karena kondisinya menurun," tambahnya.

Kemudian, terkait ruang perawatan di rumah sakit, atau fasilitas kesehatan (faskes), Heroe memastikan kondisinya belum 'kritis', serta masih cukup tersedia. Wawali pun merinci, untuk ruang isolasi biasa, sekarang ini baru terpakai 68 persen, atau terisi 170 dari 249 kapasitas. Lalu, untuk ICU, terpakai 29 dari 35 kamar, atau sudah menyentuh 82 persen dari kapasitasnya.

"Kemarin kita sudah ketemu teman-teman dokter di rumah sakit, kita minta menambah kamar perawatannya. Semoga dalam waktu dekat bisa ada ada tambahan lagi, untuk perawatan pasien Covid," katanya.

Pengawasan
Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Pemkot juga memonitor kedatangan warga dari luar DIY. Salah satu pengawasannya adalah dengan memeriksa surat bebas Covid-19 di perbatasan.

Perlu diketahui, sebelumnya, selter OTG di Rusunawa Bener, Tegalrejo penuh terisi pasien, Senin (14/6). Dari 84 kapasitas yang tersedia, sejauh ini tinggal tersisa sembilan. Namun, terdapat 14 pasien dari Puskesmas yang sudah mengantre masuk.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved