Breaking News:

Angkasa Pura I Dorong Mitra UMKM Tersertifikasi TKDN

PT Angkasa Pura I mendorong 400 mitra UMKM di Galeri Pasar Kotagede Bandara YIA dan.

Penulis: Santo Ari | Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM / Sri Cahyani
Produk lokal dari pelaku UMKM di D.I Yogyakarta yang dipamerkan di Galeri UMKM Pasar Kotagede Bandara YIA. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - PT Angkasa Pura I (Persero) mendorong 400 mitra UMKM di Galeri Pasar Kotagede Bandara Internasional Yogyakarta dan Titik Lawas (TILAS) Adisutjipto Yogyakarta untuk tersertifikasi terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Hal itu disosialisasikan kepada para mitranya, 17-18 Juni di area TILAS Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy Suradji mengatakan sertifikasi TKDN ini bermanfaat besar bagi UMKM. Namun, masih banyak mitra-mitra UMKM, khususnya di lingkungan TILAS Bandara Adisutjipto dan Pasar Kotagede Bandara Internasional Yogyakarta yang belum memiliki informasi mengenai sertifikasi TKDN.

Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan informasi kepada para mitra UMKM di lingkungan bandara mengenai tata cara untuk mendapatkan sertifikasi tersebut, serta keuntungan dan pentingnya memperoleh sertifikasi TKDN atas produk-produk yang dihasilkan.

"Untuk sertifikasi TKDN sendiri bersifat gratis karena difasilitasi oleh Kementerian Perindustrian dalam rangka peningkatan produksi dalam negeri yang berkesinambungan dengan program Bangga Buatan Indonesia dan Beli Buatan Indonesia yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo," ujarnya Devy.

Menurutnya, sertifikasi TKDN akan membantu mengangkat perekonomian di Indonesia dan hal ini sejalan dengan komitmen Angkasa Pura untuk memajukan UMKM di lingkungan Bandara. Dengan memiliki sertifikasi TKDN, jangkauan pasar para mitra UMKM akan semakin luas karena nantinya produk-produk yang dihasilkan para mitra UMKM dapat disertakan ke dalam e-Katalog yang dibentuk oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

"Sehingga para mitra UMKM nantinya dapat mengikuti proses lelang di tingkat pemerintahan maupun BUMN," paparnya.

General Manager Bandara Adisutjipto, Marsma TNI Agus Pandu Purnama menambahkan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Yogyakarta. "Kami sangat bangga bahwa komunitas UMKM di Bandara YIA dan Adisutjipto menjadi yang pertama untuk mendapatkan sosialisasi mengenai sertifikasi TKDN. Kami berharap setelah kegiatan sosialisasi selesai, komunitas UMKM di lingkungan Bandara menjadi UKM-UKM pertama yang memiliki sertifikasi TKDN," ujarnya. (nto)

Selengkapnya baca Tribun Jogja edisi Jumat 18 Juni 2021 halaman 03.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved