Breaking News:

PSS Sleman

PSS Sleman Kembangkan Football Science

PSS Sleman kini tengah getol berbenah untuk menjadi tim yang modern yang dikelola secara profesional.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi PSS Sleman
Jan Saragih 

TRIBUNJOGJA.COM - PSS Sleman kini tengah getol berbenah untuk menjadi tim yang modern yang dikelola secara profesional.

Satu di antara terobosannya tim berjuluk Super Elang Jawa ini memiliki Departemen Football Performance, satu dari beberapa elemen dalam football science, yang dipimpin langsung oleh Jan Saragih, sosok yang juga pernah menjadi pelatih Perseru Badang Lampung FC.

Kini, departemen tersebut menjadi pilar penting di dalam tubuh PSS Sleman.

Pria yang akrab disapa Jan ini dipercaya untuk mengemban tugas membantu tim pelatih dalam menganalisis performa pemain PSS Sleman saat berlatih maupun pertandingan.

Baca juga: Dejan Antonic Beri Kesempatan Pemain Muda di Laga Uji Coba Kedua PSS Sleman

“Tugas kami departemen ini untuk menjaga supaya semua performance pemain bisa termaintai dengan baik dan gap nya tidak jauh. Sehingga ini akan memudahkan pelatih dalam memilih pemain,” kata Jan Saragih, seusai memantau latihan PSS Sleman di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Jawa Barat, Rabu (16/06/2021) siang.

Dalam prakteknya, Jan akan membuat sebuah analisis data dari penampilan para pemain mengetahui bagaimana jalannya pertandingan atau sesi latihan secara mendetail dan objektif. 

Beberapa indikator yang dianalisa Jan dan timnya meliputi kemampuan fisik, teknik dan, taktikal setiap pemain di lapangan.

Setelahnya, Jan akan memberikan data-data itu kepada pelatih untuk menjadi acuan untuk meracik atau memperbaiki strategi bermain PSS Sleman.

Baca juga: Bulan Depan PSS Sleman Akan Kembali Berikan Vaksin Bagi Pemain dan Ofisial Baru

“Kami akan rekam setiap latihan, nanti ada teknikal dasar pemain yang kami analisis, dan selanjutnya bisa dieksekusi di dalam game atau friendly match. Setelah itu kami lapor ke pelatih. Pelatih juga bisa minta misal ingin melihat secara spesifik, nanti kami report, gambarkan dan kami transfer ke pemain yang dimaksud,” beber Jan.

Evaluasi dan masukan dari hasil analisis ini menjadi poin penting untuk peningkatan penampilan anak-anak asuh Dejan Antonic.

Dari hal tersebut juga para pemain dapat terbantu mengambil upaya sendiri untuk meningkatkan performanya di lapangan.

Mengingat sepakbola sangat dinamis dan memiliki intensitas tinggi, sehingga tim perlu mereview ulang agar kesalahan dan kekurangan dapat diperbaiki di pertandingan selanjutnya.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved