Breaking News:

Dinkes Sleman Susun Strategi Vaksinasi Covid-19 Bagi Disabilitas dan ODGJ 

Penyandang disabilitas dan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) merupakan kelompok rentan terpapar Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) dan masuk priorita

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
Ilustrasi penyuntikan vaksin 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN -Penyandang disabilitas dan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) merupakan kelompok rentan terpapar Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) dan masuk prioritas untuk menerima program vaksin.

Kendati demikian, vaksinasi bagi kedua kelompok tersebut di Sleman belum dilakukan. Sebab, Dinas Kesehatan mengaku masih menyusun strategi untuk proses penyuntikan vaksin. 

"ODGJ dan difabel masuk prioritas vaksin, cuma ini belum kita kerjakan. Kami masih menyusun strategi, untuk (vaksinasi) mereka bagaimana," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Sleman, dr. Novita Krisnaeni, Rabu (16/6/2021). 

Baca juga: Pemda DIY Pastikan Ketercukupan Gas Oksigen untuk Pasien Covid-19  

Menurut dia, vaksinasi bagi disabilitas dan ODGJ kemungkinan tidak akan dilakukan secara massal dengan mengumpulkannya dalam satu tempat.

Sebab hal itu dirasakan cukup sulit. Tapi skema penyuntikan vaksin dimungkinkan akan dibagi per wilayah dan diikutkan di Puskemas.

Pihak Puskemas yang nantinya akan melakukan vaksinasi karena itu akan lebih mudah. 

Pihaknya mengaku sudah membicarakan vaksinasi bagi penyandang disabilitas dan ODGJ ini dengan Dinas Sosial.

Namun tidak menutup kemungkinan, dalam pelaksanan nantinya akan bekerjasama juga dengan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) maupun RSJ Grhasia.

Sejauh ini belum ada jadwal kapan vaksinasi dilakukan. Tapi sesuai rencana, vaksinasi bagi dua kelompok ini dipastikan tidak akan lama lagi. 

"Rencananya, minggu-minggu depan," kata Novita.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved