Breaking News:

Headline

Bed RS Rujukan Kritis, Tingkat Keterisian di Atas 70 Persen

Tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di 27 rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 di DIY telah mencapai lebih dari 70 persen.

Penulis: Yuwantoro Winduajie | Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA/ Yuwantoro Winduajie
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di 27 rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 di DIY telah mencapai lebih dari 70 persen.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengakui, kondisi BOR RS cukup genting. Tingkat keterisian ini bahkan melebihi standar BOR yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni pada angka 60 persen.

Pemda DIY pun telah berkoordinasi dengan seluruh RS rujukan, dalam rangka peningkatan kapasitas ruang perawatan maupun ruang ICU untuk menampung pasien Covid-19. "BOR rumah sakit sudah cukup genting. Harus kita pikirkan untuk nambah kapasitas di RS," terang Aji saat ditemui di kantornya, Selasa (15/6/2021).

Selain itu, dia membeberkan, terdapat sejumlah selter isolasi pasien Covid-19 yang berada dalam kondisi penuh. Sehingga pasien harus mengantre sebelum bisa memanfaatkan ruang isolasi.

Terkait hal ini, Pemda DIY berupaya untuk menambah jumlah selter isolasi di DIY. Pemerintah kabupaten/kota pun dipersilakan untuk memanfaatkan aset yang dimiliki Pemda DIY untuk mendirikan selter isolasi mandiri.

Salah satu aset yang bisa dimanfaatkan adalah Unit Pelakasana Teknis Dinas Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (UPTD Balai PSDMP) di Sewon, Bantul. "Kita perlu mendata dan mengembangkan jumlah kapasitas selter. Asetnya pemerintah provinsi yang ada di kabupaten kota silakan dimanfaatkan untuk selter," tandas Aji.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih menuturkan, hingga Senin (14/6) lalu, BOR di RS rujukan telah mencapai 75 persen. Sementara BOR ruang ICU mencapai 58,3 persen. "Total bed RS rujukan yang tersedia adalah 941," paparnya.

Penuh
Kondisi di lapangan memang menunjukkan sebagian RS rujukan Covid-19 di DIY hampir terisi penuh. Salah satunya adalah di RS Bethesda yang berada di Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Bagian Humas dan Marketing RS Bethesa, Adhiyatno Priambodo menjelaskan, saat ini RS tersebut memiliki kapasitas sebanyak 39 tempat tidur untuk merawat pasien Covid-19.

Dari total kapasitas yang tersedia, 37 diantaranya telah digunakan untuk merawat pasien. Bahkan sehari sebelumnya, tepatnya pada Senin (14/6), ruang perawatan untuk pasien Covid-19 sempat terisi penuh.

Belum lama ini, pihak RS telah menggelar rapat untuk membahas potensi peningkatan Covid-19 di DIY. Salah satu hal yang didiskusikan adalah terkait peningkatan kapasitas RS. "Salah satunya membahas tentang eskalasi sesuai permintaan pemerintah. Kami siap (menambah kapasitas)," jelasnya kepada, Selasa (15/6/2021).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved