Breaking News:

Berita Kesehatan

7 Pemicu Serangan Jantung yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Kerap Dianggap Sepele

Serangan jantung biasanya disebabkan oleh bekuan darah, yang menghalangi suplai darah normal dari otot kita yang bekerja paling keras

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
IST ISTOCK
Ilustrasi serangan jantung dan dada sesak 

TRIBUNJOGJA.COM - Serangan jantung menjadi momok menakutkan bagi semua orang. Bagaimana tidak, seseorang yang tampak sehat dan bugar, bisa meninggal dunia secara mendadak.

Pertanyaannya apa saja faktor-faktor pemicu munculnya serangan jantung?

Sebelum itu, Anda perlu tahu bahwa penyakit kardiovaskular ini merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia. Data WHO menyebutkan, lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Baca juga: Markis Kido Meninggal Diduga Serangan Jantung, Ini Cara Mengenali Gejala Serangan Jantung

Sementara itu berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya, 15 dari 1000 orang, atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia menderita penyakit jantung.

Nahasnya, banyak hal sederhana yang masih dilakukan bahkan menjadi kebiasaan sebagai bagian dari gaya hidup yang buruk. Yang  mengancam kesehatan jantung.

Padahal jantung adalah pompa kehidupan tubuh yang paling kritis, dan serangan jantung (atau infark miokard, dengan nama yang lebih ilmiah) terjadi ketika jantung seseorang tidak mendapatkan cukup darah. 

Ketika ini terjadi, orang sering mulai merasa pusing, nyeri dada yang mungkin menjalar melalui lengan kiri, dan sesak napas. 

Di dalam tubuh, serangan jantung biasanya disebabkan oleh bekuan darah, yang menghalangi suplai darah normal dari otot kita yang bekerja paling keras.

Baca juga: Lengan Terasa Dingin dan Sering Mati Rasa, Hati-hati Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung

Serangan jantung dapat menyebabkan kerusakan serius pada otot jantung seseorang. 

Kabar baiknya penyakit jantung sebenarnya dapat dicegah. Salah satunya dengan penerapan pola gaya hidup sehat.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved