Breaking News:

Headline

Laskar Mataram Ambil Pelajaran Berharga dari Uji Tanding Lawan Bali United

"Alhamdulillah hasil seri kami dapatkan. Kita belajar dari Bali United karena mereka tim bagus."

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Agus Wahyu
Dokumentasi PSIM Yogyakarta
PSIM menghadapi Bali United pada uji coba kedua Tour de Java, di Stadion Mandala Krida, Senin (14/6/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA, - Seusai menelan kekalahan 1-2 di laga sebelumnya, PSIM Yogyakarta berhasil menahan imbang Bali United 1-1 dalam laga uji coba kedua di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Senin (14/6/2021). Gol Bali United dicetak oleh Gavin Kwan Adsit yang mendapat cut back dari Sidik Saimima di babak pertama. Sementara gol PSIM dilesakkan Ken Noveryan di babak kedua.

Kapten PSIM, Hendika Arga Permana bersyukur karena dapat melakoni uji coba melawan tim dengan level di atasnya, apalagi Bali United berlabel juara bertahan Liga 1 2019. "Alhamdulillah hasil seri kami dapatkan. Kita belajar dari Bali United karena mereka tim bagus. Pemain mereka merata, jadi kami belajar bagaimana menghadapi pemain-pemain yang kuat," kata Arga.

Arga juga mengaku menikmati setiap pertandingan yang dilakoni selama PSIM menggelar uji coba. Proses yang didapat, jauh lebih penting daripada mengejar kemenangan. "Yang penting, kami menikmati pertandingan, seperti apa yang dikatakan coach Seto, kemudian memberikan penampilan yang terbaik nanti hasil akan mengikuti.” tegasnya.

Pelatih PSIM, Seto Nurdiyantara menyebut laga coba uji melawan Bali United dan tim-tim lainnya lebih bertujuan untuk melihat semua progres latihan yang telah dijalani. Ia pun enggan disebut telah mengelompokkan antara pemain inti dan pemain pelapis selama menjalani dua pertandingan melawan Bali United kemarin.

“Saya pikir, tim sudah kita bagi dua artinya bukan masalah pemain inti atau enggak, tapi yang diturunkan pada pertandingan pertama kami tampilkan pemain yang lebih pengalaman. Hari ini kita coba rotasi semuanya dan saya pikir tidak ada kendala, tidak ada masalah, semua cara bermainnya merata," kata Seto.

Pelatih asal Kalasan ini melihat masih ada kekurangan di beberapa laga uji coba, namun secara keseluruhan semua pemain dapat menikmati pertandingan. “Mereka bisa menikmati, artinya di pertandingan ini kita banyak belajar, bagaimana harus membuka pertahanan lawan, bagaimana defense. Masih ada kekurangan yang harus kami benahi," imbuhnya.

Fokus terganggu
Sementara itu Pelatih Fisik Bali United, Yogie Nugraha menyoroti kekurangan timnya di babak kedua karena kebobolan. Ia menyebut gol yang diciptakan pemain PSIM, Ken Noveryan itu seharusnya offside. Hal itu kemudian diklaim mengganggu fokus pemain Bali United, sehingga salah satu pemainnya, Gunawan Dwi Cahyo terbawa emosi dan mendapat kartu merah.

"Saya tadi lihat gol PSIM sudah offside lebih dulu, anak-anak terpengaruh, dan Gunawan terbawa emosi akhirnya mendapat kartu merah, jadi hal itu yang kita sesalkan. Saat briefing kita sudah sampaikan tidak boleh ada protes ke wasit, namun di pertandingan kami mengalami hal tersebut," kata Yogie.

Kendati begitu, Yogie melihat progres baik dari timnya karena dapat memainkan semua pemain dalam dua laga uji coba kali ini. Pasalnya, Bali United kini tengah bersiap untuk menjalani kompetisi Liga satu dan AFC. Maka, laga uji coba menjadi penting untuk melihat perkembangan setiap pemain baik dari segi fisik maupun mental.

"(Melawan PSIM di pertandingan kedua), kita kasih tim beda. Tidak ada pemain yang sama dari kemarin. Saat babak pertama kita berjalan lancar, namun di babak kedua ada pemain muda, Mahendra yang mengalami kram, secara kondisi fisik Mahendra dia bagus, tapi di pertandingan bisa saja berbeda," paparnya.

Pemain Bali United, Gavin Kwan Adsit mengaku senang karena mendapat kesempatan untuk mempersiapkan diri dengan menambah jam terbang jelang kompetisi. "Saya bersyukur bisa main saat pertandingan uji coba (melawan PSIM). Pertahanan tim kami sangat baik, saya sendiri bisa belajar pertahanan. Semoga kita bisa bermain lebih baik lagi nantinya,” ujar Gavin. (tsf)

Selengkapnya baca Tribun Jogja edisi Selasa (15 Juni 2021) halaman 10.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved