Breaking News:

Sosiolog UGM: Kemunculan Komunitas Jawil Jundil Reaksi Penanganan Kasus Klitih Selama Ini

Kemunculan komunitas Jawil Jundil (JJ) di Kabupaten Sleman yang bergerak dalam penanganan insidentil kejahatan jalanan turut ditanggapi Sosiolog

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh
Ilustrasi Klitih 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kemunculan komunitas Jawil Jundil (JJ) di Kabupaten Sleman yang bergerak dalam penanganan insidentil kejahatan jalanan turut ditanggapi Sosiolog Universitas Gajah Mada (UGM) Arie Sudjito.

Arie menyebut upaya yang dilakukan komunitas JJ untuk memperkecil tindak kriminalitas jalanan klitih harus dilihat dari perspektif kedaruratan.

Karena menurut dia, sikap yang dimunculkan para anggota komunitas JJ merupakan reaksi sosial atas penyelesaian kasus klitih yang kurang memuaskan dari penegak hukum.

"Tentu itu mungkin bagian reaksi atas penanganan kasus klitih selama ini. Sudah diproses hukum kok masih saja sering terjadi," katanya, saat dihubungi Minggu (13/6/2021).

Namun demikian, hukum jalanan yang diterapkan para anggota komunitas JJ pun tidak dibenarkan.

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kabupaten Magelang 13 Juni 2021: 85 Kasus Baru, 6 Pasien Sembuh, dan 3 Meninggal

"Meskipun ini sebuah kedaruratan, namun ini enggak bisa menjadi pembenaran sehingga mereka berbuat banyak hal," jelasnya.

Arie menegaskan, semestinya pihak kepolisian segera merespon dengan cara berdialog bersama komunitas JJ untuk menyikapi reaksi sosial itu.

Selain itu Arie mengatakan bahwa kemunculan kelompok pemburu pelaku klitih tersebut seharusnya menjadi pemicu kepolisian untuk lebih intens melakukan patroli.

Karena, lanjut dia, apabila tindakan yang dilakukan oleh anggota komunitas JJ disertai dengan penerapan hukum jalanan atau main hakim sendiri, hal itu dapat memicu sebuah distorsi sosial di masyarakat.

"Kalau tindakan ini dilakukan dengan cara sendiri, jelas memicu distorsi sosial di masyarakat," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved