Breaking News:

KONI DIY Pastikan Suplemen Aman Dikonsumsi, Tim Bola Voli Pantai Terima Bantuan Perlengkapan Latihan

KONI DIY belum lama ini membagikan suplemen sekaligus menyerahkan perlengkapan kepada subcabor tim Bola Voli Pantai DIY.

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Agus Wahyu
Istimewa
Penyerahan suplemen dan perlengkapan kepada subcabor tim Bola Voli Pantai DIY di Kantor KONI DIY beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KONI DIY belum lama ini membagikan suplemen sekaligus menyerahkan perlengkapan kepada subcabor tim Bola Voli Pantai DIY. Suplemen dan perlengkapan tersebut diharapkan dapat menunjang kebutuhan pelatihan dan pertandingan atlet Pemusatan Latihan Daerah Pekan Olahraga Nasional (Puslatda PON) XX Papua.

"Atas nama Pemda DIY, melalui KONI yang dipercaya untuk membantu kepala daerah dalam pengembangan olahraga prestasi di DIY ini, secara simbolis kami memberikan bantuan kepada Tim Bola Voli Pantai DIY yang akan berangkat ke PON XX Papua, dengan harapan para atlet bisa membawa oleh-oleh medali,” Wakil Ketua Umum I KONI DIY Ir Pramana.

Adapun perlengkapan yang diberikan meliputi bola voli pantai, topi, kacamata, kinesio tape, produk suplemen, dan protein yang bermanfaat untuk menambah berat badan, dan membentuk otot. “Tidak hanya tim putra yang selama ini mempersembahkan medali emas, semoga tim putri juga dapat meraih prestasi yang sama. Mohon diterima dan semoga bermanfaat," lanjut Pramana.

Terkait bantuan suplemen, Ketua Bidang (Kabid) IPTEK Olahraga dan Litbang Prof. Dr. dr. B.M. Wara Kushartanti, M.S., bersama dengan Kabid Pendidikan dan Penataran Prof. Dr. Sumaryanti, M.S., telah melakukan pengecekan dan mengonfirmasi kandungan-kandungan yang terdapat dalam produk-produk tersebut.

"Alhamdulillah untuk keamanan suplemen dari sisi daftar obat doping sudah dikonfirmasi langsung oleh Prof. Wara, dan disampaikan semua Insyaallah aman. Hanya saja nanti perlu melihat juga prosedur pemakaiannya dan pengaturan konsumsinya," kata Wakil Ketua Umum II KONI DIY Dr. Rumpis Agus Sudarko, M.S.

"Misal protein gainer itu khusus untuk penambahan berat badan, jadi tidak akan diminum oleh atlet yang kelebihan berat badan. Ada pula yang untuk conditioning dan sebagainya, sehingga mudah-mudahan ini tidak saling bertabrakan (konsumsinya). Yang diserahkan ini suplemen dan beberapa peralatan untuk peralatan latihan dan peralatan tanding," tambahnya.

Rumpis meyakini bahwa dalam hal penggunaan produk-produk suplemen ini tim pelatih telah memahami dan membaca aturannya. Namun demikian, dia mengimbau supaya ada pengawasan dalam pemakaiannya, yang diperuntukkan sesuai kebutuhan masing-masing atlet, dengan harapan tidak terjadi overdosis.

Dikemukakan, beberapa cabor seperti bola voli pantai dan binaraga membutuhkan suplemen untuk menunjang performa atlet selama berlatih. Produk ini sebaiknya tidak dikonsumsi saat tidak menjalankan pelatihan, sebab bisa berakibat tidak baik bagi pengguna. Kemudian untuk mengimbangi konsumsi suplemen itu, atlet juga disarankan untuk banyak minum air putih.

Pada gelaran PON XX Papua pada Oktober 2021 mendatang, Tim Bola Voli Pantai DIY diperkuat oleh 8 atlet dan 5 pelatih, mereka di antaranya Gilang Ramadhan, Ilham Akbar, Ilham Cahya Saputra, Imtaq Ansori Sihab, Maria Dwiningtyas, Fransisca Geofana Ayu Arintha, Yokebed Purari Eka Setyaningrum, dan Sari Hartati untuk atlet. (han)

Selengkapnya baca Tribun Jogja edisi Jumat (11 Juni 2021) halaman 10.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved