Breaking News:

Dinkes DIY Minta Dukungan Peluang Masuk P3K Bagi Tenaga Psikologi Klinik Puskesmas

Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merestui permintaan tenaga psikologi klinik Puskesmas untuk naik tingkat menjadi

TRIBUNJOGJA/ Miftahul Huda
Suasana audiensi para tenaga psikoligi klinik puskesmas di ruang rapat DPRD DIY, Jumat (11/6/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merestui permintaan tenaga psikologi klinik Puskesmas untuk naik tingkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K).

Hal itu disampaikan oleh Kasi Standarisasi Tenaga dan Sarana Kesehatan Dinkes DIY Ana Adina Patriani yang mewakili audiensi bersama tenaga psikologi klinik puskesmas di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY, Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Sasar Vaksin untuk Lansia, Polres Magelang Gelar Vaksinasi Massal di Desa Kajoran Magelang

Dalam forum itu Ana menyampaikan perekrutan CPNS dan P3K bagi tenaga psikilogis klinik puskesmas sangat memungkinkan dilakukan.

Oleh karena itu, Dinkes DIY sejalan dengan apa yang dikeluhkan para tenaga psikologis puskesmas tersebut.

"Metode perekrutan CPNS dan P3K tenaga psikologis Puskesmas sangat memungkinkan. Ada peluang bagi tenaga honorer untuk bisa masuk," katanya.

Ia menjelaskan, perekrutan P3K sepengetahuannya tidak ada batasan usia tertentu karena untuk usia minimal pendaftar yakni 22 tahun, sementara usia maksimal yaitu satu tahun sebelum masuk masa pensiun para tenaga honorer.

"Dulu dokter dan terutama guru. Lalu tidak menutup kemungkinan tenaga fungsional bisa masuk. Dan tenaga psikologis klinik puskesmas ini kan termasuk tenaga fungsional," tegas Ana.

Apalagi, lanjut dia, saat ini baik puskesmas dan rumah sakit lebih melirik mereka yang berpengalaman daripada mereka para tenaga baru yang diambil dari seleksi CPNS.

Baca juga: Hampir Dua Dekade Mengabdi di Puskesmas, Tenaga Psikologi Klinik Adukan Status ke DPRD DIY

"Kalau CPNS harus ada biaya pelatihan dan pendampingan. Jadi rumah sakit ini lebih suka dengan mereka yang sudah berpengalaman," terang dia.

Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada kalangan dewan supaya memberikan dukungan politisnya untuk mewujudkan harapan para tenaga psikologis klinik puskesmas tersebut.

"Saya mohon bapak anggota dewan di DIY bisa mengupayakan itu," pungkasnya. (hda)

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved