Breaking News:

Headline

Dejan Antonic Adaptasi Cuaca Panas, Inginkan Chesmistry Pemain Terbangun Selama TC di Cikarang

Kami belum tahu pasti lokasi pertandingan putaran pertama, tapi kalau sudah terbiasa dengan cuaca seperti ini tentu bagus untuk adaptasi.

Penulis: Taufiq Syarifudin
Editor: Agus Wahyu
Dok PSS Sleman
Dejan Antonic saat melatih PSS Sleman di TC Cikarang, Jawa Barat. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - PSS Sleman menjalani hari pertama pemusatan latihan (TC) yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (11/6/2021). Irfan Bachdim dan kolega langsung dihadapkan dengan kondisi cuaca yang panas. Situasi itu tak sepenuhnya dilihat sebagai kerugian, namun justru memiliki sisi positif bagi upaya adaptasi seluruh pemain.

Pelatih PSS, Dejan Antonic menyebut, bahwa cuaca panas di Cikarang bisa dimanfaatkan oleh tim. Ini karena putaran pertama Liga 1 2021 bulan Juli nanti rencananya dihelat di Jakarta, kota yang notabene memiliki cuaca panas.

“Kami belum tahu pasti lokasi pertandingan putaran pertama, tapi kalau sudah terbiasa dengan cuaca seperti ini tentu bagus untuk adaptasi,” kata Dejan.

Kendati demikian, Dejan melihat anak asuhnya tetap menjalani latihan pagi hari dan sore hari dengan kerja keras dan semangat. Ia juga menyebut TC kali ini akan jadi hal penting karena persiapan tim semakin mepet. Dengan waktu yang ada Dejan tentu ingin setiap pemain PSS memilik chemistry satu sama lain, serta dapat merasakan suasana baru dalam berlatih.

"Chemistry antar pemain merupakan hal paling penting, semuanya harus bekerjasama. Kita akan bermain sebagai sebuah tim yang kompak selama kompetisi berjalan nanti. Pre-season dan training camp (pemusatan latihan) ini bagus untuk persiapan di Liga nanti. Semoga bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Sebelumnya, skuat PSS tiba di Cikarang pada hari Kamis (10/6/2021) sore. “Setelah sampai Cikarang kita memberikan latihan ringan stretching dan sedikit jogging untuk mengembalikan kondisi seperti semula. Aliran darah yang menumpuk di kaki harus digerakkan supaya mengalir kembali,” kata Pelatih Fisik PSS, Danang Suryadi.

Menurutnya, latihan ringan ini perlu dilakukan oleh para pemain mengingat mereka baru saja menempuh perjalanan darat yang cukup panjang. “Tujuan dari latihan ringan ini yaitu untuk recovery. Tidak lama, hanya 15-20 menit saja. Setelah itu mereka kembali ke kamar, lalu mandi dan dilanjutkan dengan makan malam bersama,” tambahnya.

Sementara itu pemilihan tempat TC di Cikarang menurut Manajer PSS, Danilo Fernando karena di sana memiliki fasilitas yang memadai. “Ada beberapa nama yang muncul saat itu. Ada Jawa Timur Sidoarjo, Bali, kemudian Cikarang juga. Kita pertimbangkan beberapa aspek dan sesuai rekomendasi dari tim pelatih dan direksi minta kita di Jakarta,” urainya.

“Di sana (Cikarang) dari sisi fasilitas juga memungkinkan karena jarak hotel tempat menginap para pemain dengan lapangan yang akan kita gunakan untuk TC cukup dekat, hanya sekitar 15 menit. Kita juga mau menghindari kemacetan, supaya tidak mengganggu psikis pemain juga,” jelas Danilo. (tsf)

Selengkapnya baca Tribun Jogja edisi Sabtu (12 Juni 2021) halaman 10.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved