Breaking News:

Menjamur di Indonesia, OJK Tutup 3.193 Perusahaan Pinjaman Online Ilegal

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menutup ribuan perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal yang menjamur di Indonesia.

ist
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menutup ribuan perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal yang menjamur di Indonesia.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tidak merasa dirugikan dengan adanya pinjol ilegal yang mengganggu perekonomian mereka.

“Setidaknya, kami sudah menutup 3.193 pinjol ilegal sampai sekarang. Sedangkan, ada 138 pinjol yang legal, yang berizin dan diawasi oleh OJK,” ungkap Tongam Lumban Tobing, Ketua Satgas Waspada Investasi OJK di Yogyakarta, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Perajin Gerabah Magelang Dibanjiri Pesanan Pot Bunga

Dia menjelaskan, pinjaman online itu tidak merugikan masyarakat lantaran semuanya sudah diatur sedemikian rupa oleh pemerintah dan diawasi OJK.

Namun, apabila sudah terjerat ke ranah pinjol ilegal, maka masyarakat bisa saja terjebak di jerat setan.

“Pinjol legal itu tidak menyengsarakan. Kalau masuk pinjol ilegal, baru menyengsarakan. Sampai saat ini, pinjol legal yang berjumlah 138 perusahaan itu ada 55 juta nasabah,” jelasnya.

Menurut Tongam, adanya pinjaman online ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin meminjam uang tetapi tidak bisa meminta kepada sektor keuangan formal.

Maka dari itu, Tongam dan OJK bersikeras untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait keberadaan pinjol ilegal agar tidak ada yang terjebak lagi.

“Pinjol ilegal ini sulit untuk kita basmi. Cara untuk meminimalisasinya adalah mengedukasi masyarakat agar gerak mereka sempit. Server pinjol ilegal ini banyak di luar negeri. Kami blokir agar masyarakat terlindungi,” paparnya.

Dia meminta masyarakat agar tidak asal meminjam kepada pinjol ilegal dan bertanggung jawab setelah melakukan peminjaman.

Baca juga: Puluhan Pelajar SMP Gunungkidul Putus Sekolah di Tahun Ajaran 2019/2020

Tidak hanya itu, Tongam juga memberikan tips dan trik bagi masyarakat yang ingin meminjam di perusahaan fintech landing.

“Yang pertama, pastikan dulu itu legal. Pinjamlah secara cerdas dan cek apakah perusahaannya terdaftar di OJK atau tidak. Kemudian, pinjam sesuai kebutuhan. Jangan sampai pinjol itu untuk menutupi hutang lama,” tandasnya. (ard)

Penulis: Ardhike Indah
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved