Breaking News:

Kankemenag dan KPU Kulon Progo Jalin Kerjasama Untuk Fasilitasi Pendidikan Pemilih Pemula

Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo bekerjasama memberikan pendidikan bagi pemilih pemula

Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Kankemenag dan KPU Kulon Progo Jalin Kerjasama Untuk Fasilitasi Pendidikan Pemilih Pemula 

Laporan Reporter Tribun Jogja,  Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo bekerjasama memberikan pendidikan bagi pemilih pemula di lingkungan madrasah se-Kabupaten Kulon Progo. 

Kerjasama ditandatangani dengan penandatanganan antara kedua belah pihak yang bertempat di Rumah Pintar Pemilu KPU Kulon Progo, Rabu (9/6/2021). 

Bentuk kerjasama yang disepakati adalah fasilitasi dan koordinasi dalam pelaksanaan pendidikan pemilih bagi para siswa madrasah jenjang Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dalam bentuk kelas pemilu yang diadakan KPU, pendampingan pemilihan kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu di KPU Kulon Progo. 

Baca juga: Tanpa Izin dan Pemberitahuan, Kerumunan Pembeli BTS Meal Terjadi di 3 Gerai McD di Kota Yogyakarta

Ketua KPU Kulon Progo, Ibah Muthiah mengatakan kerjasama antara KPU dan Kankemenag ini sebagai wujud komitmen dalam menciptakan generasi pemilih pemula yang cerdas. 

"Kami juga menargetkan duplikasi pelaksanaan pemilu di madrasah akan semirip mungkin dengan tahapan asli pemilu. Artinya kami menargetkan generasi muda lebih memahami seluk beluk penyelenggaraan pemilu dengan berkualitas. Mereka akan menjadi penerus yang berkecimpung sebagai penyelenggara pemilu sesungguhnya," jelas Ibah dalam keterangannya. 

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kulon Progo, Ahmad Fauzi mengapresiasi KPU yang telah memberikan ruang kepada siswa madrasah.

Baca juga: Hanya Menjabat 3,5 Tahun, Bupati Gunungkidul Pilih Fokus Realisasi Program Kerja

"Terimakasih kepada KPU Kulon Progo yang telah memberikan ruang kepada siswa madrasah kami untuk mendapatkan pendidikan demokrasi melalui pemilihan osis (pemilos) yang dilakukan layaknya pemilu atau pilkada," ujarnya. 

Fauzi berharap semua madrasah tingkat MA dan MTs di Kulon Progo dapat melaksanakan program kerjasama ini sebaik-baiknya. (scp) 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved