Breaking News:

Cerita Pelaku UMKM di Klaten Berburu Bantuan BPUM Senilai Rp1,2 Juta, Dua Kali Daftar Hasil Nihil

Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdampak COVID-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah berharap mendapatkan Bantuan Produktif

TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Sejumlah Pelaku UMKM mengantre memasukan berkas ke loket pendaftaran di Disdagkop dan UKM Klaten, Rabu (9/6/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdampak COVID-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah berharap mendapatkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021.

Para pedagang itu berharap mendapatkan bantuan berjumlah Rp1,2 juta itu guna menambah modal untuk berjualan dan mengembangkan usahanya.

Beberapa pedagang bahkan sudah lebih dari dua kali mengajukan bantuan itu ke pihak Dinas Pedagangan Koperasi dan UKM (Disdgakop dan UKM) Klaten, namun hasilnya masih nihil.

Baca juga: Sudah 6 Ribu Pendaftar, Disdagkop dan UKM Klaten Beberkan Prioritas Penerima BPUM 2021

Seperti cerita Winarni (48) pedagang donat asal Desa Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten yang mengaku usahanya terpukul akibat terjangan pandemi COVID-19.

Untuk menambah modal dari usahanya tersebut, Winarni sangat berharap dirinya bisa menerima BPUM tahun 2021 ini.

"Saya dari Janti, punya usaha jualan donat rumahan, untuk BPUM ini saya sudah dua kali mengajukan tapi belum pernah terima," ujarnya saat Tribun Jogja temui di kantor Disdagkop UKM Klaten, Rabu (9/6/2021).

Ia mengatakan, sudah 4 tahun menekuni usaha donat rumahan tersebut. Sebelum adanya pandemi COVID-19, usaha donatnya cukup lancar.

Setelah adanya pandemi COVID-19 pada Maret 2020 kemarin, omzet dagangannya mulai menurun dan bahkan sempat setop produksi karena tidak ada modal untuk berdagang.

Ia pun mengaku, dalam satu hari saat ini hanya bisa menjual 50 hingga 75 biji donat.

"Laku 75 itu sudah alhamdulilah. Rata-rata harian hanya bisa jual 50 biji," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved