Breaking News:

Antisipasi Kebocoran Data Terulang, Diskominfo Kabupaten Magelang Akan Lakukan Filter Data

Adanya kasus kebocoran data pribadi penduduk membuat Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Magelang akan lakukan filter

Ist
Ilustrasi KTP 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Adanya kasus kebocoran data pribadi penduduk membuat Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Magelang akan lakukan filter data untuk setiap unggahan di laman resmi Pemkab Magelang tersebut.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Statistik Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Sugeng Riyadi menjelaskan, filter data berfungsi untuk mengecek kelayakan dan kesesuaian data sebelum diunggah untuk publik.

Baca juga: PSS Sleman Lakoni TC di Cikarang, Diagendakan Lakoni Uji Tanding Lawan Persiba Balikpapan

"Jadi nantinya sistemnya data yang masuk baik dari desa maupun instansi lain akan dikumpulkan di storage. Kemudian, data akan difilter jika sudah sesuai maka tim kami yang akan menguploadnya ke laman resmi," jelasnya kepada Tribun Jogja, pada Rabu (09/06/2021).

Selama ini untuk untuk mengunggah data, lanjutnya,diserahkan langsung kepada admin yang bersangkutan.

Sehingga, tidak ada pengecekan ulang terkait database yang akan dibagi di ruang publik.

"Sejauh ini kan, memang admin bisa mengupload sendiri dan data yang akan diupload tidak lagi dilakukan pengecekan dari Diskominfo. Tentu, dengan adanya kejadian ini menjadi pelajaran sekali bagi kami," ujarnya. 

Baca juga: Masuk Top 10 Sekolah dengan Nilai UTBK Tertinggi, SMAN 1 Yogyakarta Bekali Siswa Metode HOTS

Ke depannya dengan adanya filter data, sambungnya, semua data akan dicek terlebih dahulu sebelum ditampilkan untuk publik.

Dengan begitu, risiko terjadinya kebocoran data akan lebih kecil.

"Filter data ini, akan dibuat tim khususnya. Nantinya, mereka (tim khusus) lah yang menentukan apakah data layak  dibagikan ke publik atau tidak," tambahnya. (ndg)

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved