Breaking News:

Headline

Pemkot Relokasi 48 PKL di Dua Titik Pedestrian Simpang Galeria-Gramedia

Pemkot Yogyakarta telah mempersiapkan lokasi baru bagi para pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Jenderal Sudirman yang akan direlokasi.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Agus Wahyu
Tribunjogja.com | Hasan Sakri
PEDESTRIAN JALAN SUDIRMAN. Warga mengenakan masker saat beraktifitas di kawasan pedestrian jalan Jenderal Sudirman, Kota Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah mempersiapkan lokasi baru bagi para pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Jenderal Sudirman yang akan direlokasi. Hal tersebut, seiring revitalisasi pedestrian dari simpang Galeria hingga Gramedia yang akan segera dimulai.

Camat Gondokusuman, Guritno, mengatakan, penataan pedestrian tahap berikutnya siap menyasar lokasi tersebut, sehingga PKL pun harus bersedia dipindahkan. Menurutnya, terdapat dua lokasi yang sudah disiapkan oleh Pemkot Yogyakarta, supaya pedagang dapat tetap berjualan.

"Sesuai rencana awal, di Jalan Sam Ratulangi dan Pasar Terban, di sisi-sisi yang masih memungkinkan. Rencananya PKL ditempatkan di sana," terangnya, Senin (7/6/2021).

Ia pun menjelaskan, penempatan PKL di lokasi baru itu, memang diutamakan bagi pedagang yang berstatus warga Kota Yogyakarta. Hal ini karena keterbatasan lahan, ada kemungkinan tidak semua PKL di sepanjang Galeria hingga Gramedia, dapat tertampung secara keseluruhan.

Dari pendataan yang dilakukan, jumlah PKL di lokasi tersebut ada lebih kurang 48. Dari jumlah itu, hampir separuhnya, bukan warga Kota Yogyakarta berdasar keterangan yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP). Tetapi, terdapat pula pemilik lapak yang sudah absen lama dan tidak berjualan.

"Untuk teknis penataannya, nanti akan seperti apa, belum dibahas secara detail. Tapi, memang warga Kota Yogyakarta akan diutamakan, karena dimungkinkan tidak tertampung semuanya, di lokasi yang disiapkan itu," tandasnya.

Lelang segera selesai
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta, Hari Setya Wacana, menyampaikan, proyek revitalisasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman yang kini masuk tahap ketiga, masih dalam persiapan lelang dan akan segera rampung.

"Harapannya bulan ini sudah bisa mulai lelang, jadi akhir Juni, atau Juli nanti sudah selesai. Kemudian, untuk proses pekerjaanya itu selama enam bulan," ungkapnya.

Nantinya, proyek akan langsung menyasar trotoar di sisi utara dan selatan sekaligus, dengan pagu anggaran sekira Rp20,3 miliar dari Dana Keistimewaan (Danais). Sedangkan konsepnya, akan disesuaikan dengan satuan ruang strategis Kotabaru, yang sudah dicanangkan sejak lama.

"Konsepnya begitu, karena itu untuk mendukung kawasan Kotabaru. Jadi, dengan konsep yang sama, kita memberikan kenyamanan dan keleluasaan bagi pejalan kaki. Ya, sama halnya dengan material dan desain," paparnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved