Breaking News:

Yogyakarta

Demokrat DIY Sambangi Markas PKS, Buka Peluang Koalisi di Pilkada 2024

Jajaran DPD Partai Demokrat DI Yogyakarta menyambangi kantor DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DIY, Kota Yogyakarta, Senin (7/6/2021).

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Suasana pertemuan antara DPD Partai Demokrat DIY dan DPW PKS DIY, di Kantor DPW PKS DIY, Kota Yogyakarta, Senin (7/6/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM - Jajaran DPD Partai Demokrat DI Yogyakarta menyambangi kantor DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DIY, Kota Yogyakarta, Senin (7/6/2021).

Selain silaturahmi, kedua pihak juga membahas rencana sinergi ke depan.

Ketua DPD Partai Demokrat DIY, Heri Sebayang mengatakan, pihaknya hendak berkenalan dengan pengurus DPW PKS DIY yang baru dan bertukar pikiran tentang langkah bersama yang bisa ditempuh untuk membangun Yogyakarta.

"Kami silaturahmi dengan PKS, untuk menjalin komunikasi. Kebetulan masih suasana Idulfitri. Kita coba berkomunikasi, untuk bersama membangun Yogyakarta," terangnya.

Baca juga: Respon Partai Demokrat Soal Hasil Survei Elektabilitas Parpol Oleh Parameter Politik Indonesia

Ia pun tak menampik, peluang koalisi di Pilkada serentak 2024 mendatang, turut dibahas dalam pertemuan tersebut.

Hanya saja, sampai sejauh ini, sifatnya masih cenderung cair dan komunikasi dengan semua parpol tetap berjalan.

"Bisa-bisa saja itu (koalisi di Pilkada 2024), tapi kan masih lama, ya. Kita berteman dengan partai manapun, dengan PKS kita berteman, dengan partai lain juga," tambahnya.

"Kita hanya ingin bersama membangun Yogyakarta, kita kan punya anggota DPRD di kota, kabupaten dan provinsi, supaya ada sinergi yang baik lah di lapangan," tambah Heri.

Ketua DPW PKS DIY, Agus Mas'udi pun menyambut baik silaturahmi politik yang dilakukan Demokrat itu.

Bahkan, ia mengaku siap menjalin sinergi dengan Demokrat, sekaligus melanjutkan hubungan apik yang sudah terbangun.

"Memang butuh sinergitas, karena kami sama-sama berada di parlemen. Kita (PKS dan Demokrat), walaupun berbeda fraksi, tapi sudah seperti sahabat lama," katanya.

Baca juga: AHY : Partai Demokrat Semakin Solid

Mengenai peluang koalisi di Pilkada 2024, Agus pun enggan berspekulasi.

Hanya saja, lantaran sejauh ini keduanya, baik PKS maupun Demokrat tak memiliki wakil di singgasana kepala daerah, peluang tersebut sangat terbuka.

"Koalisi 2024 itu kan ada dua, yang presiden urusan pusat. Tapi, untuk Pilkada, kami siap berkoalisi dengan partai-partai lain. Menunggu hasil Pemilu 2024, yang rencananya bakal diselenggarakan pada Februari itu, ya," tandasnya.

"Kalau sekarang kan (wakil di) eksekutif kita belum punya. Kalau mau, ya demokrat eksekutif, kita juga eksekutif," lanjut Agus yang langsung disahut kata "amiin" oleh para pengurus Demokrat dan PKS yang hadiri pertemuan. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved