Breaking News:

Berita Kesehatan

Waspadalah, Berikut Sejumlah Gejala Diabetes yang Sering Tak Terdiagnosis

Banyak orang tak sadar bahwa dirinya menderita diabetes atau pradiabetes. Penyakit itu kemudian baru diketahui setelah muncul gejala yang lebih parah

Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
www.healthline.com
Ilustrasi cek gula darah. 

TRIBUNJOGJA.COM - Banyak orang tak sadar bahwa dirinya menderita diabetes atau pradiabetes. Penyakit itu kemudian baru diketahui setelah muncul gejala yang lebih parah dengan konsekuensi yang juga lebih serius.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa 7,3 juta orang Amerika, sekitar 2,8% dari populasi, hidup dengan diabetes yang tidak terdiagnosis.

Bagaimana pun menerima diagnosis diabetes memang bisa menakutkan, akan tetapi deteksi dini dan pengobatan dapat membantu mencegah komplikasi, dan ketika diobati dengan benar, penderita diabetes dapat hidup lama dan sehat.

Mempelajari cara mengidentifikasi gejala diabetes dan memahami risiko Anda untuk penyakit ini dapat membantu Anda membedakan antara berbagai jenis diabetes, diagnosis, dan pengobatan.

Baca juga: Waspadai 9 Tanda-tanda yang Muncul dari Tubuh Ini Sebagai Peringatan Gejala Awal Anda Kena Diabetes

Gejala Diabetes Yang Tidak Terdiagnosis

Ada banyak jenis diabetes yang berbeda, tetapi sebagian besar kasus diabetes yang tidak terdiagnosis cenderung diabetes tipe 2, yang menyumbang 90% hingga 95% dari semua diabetes.

American Diabetes Association (ADA) mengatakan bahwa diabetes tipe 2 sering tidak terdiagnosis karena hiperglikemia (gula darah tinggi) berkembang secara bertahap. Sementara pada tahap sebelumnya, kondisi ini seringkali tidak cukup parah bagi pasien sehingga dianggap baik-baik saja.

Prediabetes (atau gangguan toleransi glukosa), awal dari diabetes tipe 2, dapat memakan waktu bertahun-tahun untuk berkembang dan hadir tanpa gejala. Jika ada gejala, ini bahkan sering diabaikan atau disalahartikan.

Sementara diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun di mana tubuh secara keliru menyerang sel beta pankreas, pada akhirnya menyebabkan kekurangan insulin absolut.

Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk membiarkan glukosa memasuki sel sehingga dapat digunakan untuk energi.

Baca juga: Apakah Diabetes Tipe 2 Bisa Berubah Menjadi Diabetes Tipe 1? Ini Penjelasannya

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved