Breaking News:

Jawa

UMKM di Magelang Senang Dapat Kesempatan Jajakan Produk di Depan Sandiaga Uno

para UMKM diseleksi dahulu dari koperasi unit di desanya untuk diambil produk unggulan yang layak ditampilkan pada kegiatan Kemenparekraf kali ini.

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Nanda Sagita
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat berbincang dengan para UMKM di Balkondes, Candirejo, Jumat (04/06/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) asal Desa Candirejo, Borobudur, Kabupaten Magelang merasa senang mendapat kesempatan untuk menjajakan produknya di depan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, di Balkondes Candirejo, Jumat (04/06/2021).

Sebelumnya, para UMKM diseleksi terlebih dahulu dari koperasi unit di desanya untuk diambil produk unggulan yang layak ditampilkan pada kegiatan Kemenparekraf kali ini.

Satu di antaranya, Mega Ayu (21) pemiliki olahan tempe tradisional asal desa Candirejo.

"Ya, pastinya senang sekali bisa dipercaya untuk mengenalkan produk asli Desa Wisata Candirejo ke banyak orang, seperti tempe daun tradisional ini. Apalagi, didatangi langsung sama Pak Menteri," ujarnya kepada Tribunjogja.com, pada Jumat (04/06/2021).

Baca juga: Sandiaga Uno Sosialisasikan Anugerah Desa Wisata Indonesia di Magelang

Ia menambahkan,  sempat berbincang dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif itu, terkait permasalahan pemasaran dan mahalnya bahan baku utama pembuatan tempe yakni kedelai yang harganya tak kunjung turun selama masa pandemi.

Selain itu, permasalan inovasi dan kreativitas dalam olah makanan juga sempat disinggung dalam perbicangan tersebut.

"Pak Menteri tadi tanya, gimana penjualan selama masa pandemi? Ya, pastinya menurun karena pasarnya sepi, ditambah harga kedelai yang masih tinggi. Ya, semoga saja dengan kunjungan Pak Menteri ini,  setidaknya bisa menyampaikan secara langsung kendala yang kami alami. Mudahan-mudahan bisa memberikan solusi untuk ke depannya," ujarnya.

Sementara itu UMKM lainnya, yaitu Arief (30) yang juga berkesempatan berbincang dengan mantan Wakil Gubernur Jakarta itu.

Dirinya merupakan  seniman pemahat batu asal Desa Candirejo, Magelang.

Baca juga: Kisah Pelaku Ekonomi Kreatif Sleman Saat Pandemi, Sandiaga Uno Bicara Soal Ketrampilan

Tak tanggung, produknya berupa pahatan batu untuk penutup lampu diborong oleh Sandiaga Uno.

"Iya betul, tadi Bapak (Sandiaga Uno) mau beli katanya. Yang dipilih pahatan untuk tempat lampu sekitar 20 pahatan mau dibeli. Katanya untuk hiasan di rumah Bapak Menteri," ujarnya.

Ia mengaku sangat senang, karya pahatan nya mendapat apresiasi dari orang nomor satu di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu.

Sementara itu, Ia pun berharap agar kegiatan yang mendukung kreativitas dan semangat para pelaku usaha bisa terus digalakkan.

"Kami sangat berterima kasih dengan adanya kunjungan dan program ini. Karena, sangat menolong kami terutama pelaku usaha yang bergantung pada sektor wisata. Harapan kami, kegiatan serupa bisa diperbanyak lagi untuk memberikan dorongan agar kami semua (pelaku usaha) bisa cepat bangkit lagi," pungkasnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved