Breaking News:

Persiba Bantul

Suwandi Optimistis Liga 3 Tetap Digelar Tahun Ini, Persiba Tetap Geber Latihan

Persiba Bantul tetap menggelar latihan tim meskipun pelaksanaan Liga 3 hingga kini belum menemui kepastian.

TRIBUNJOGJA.COM / Taufiq Syarifudin
Pelatih Persiba Bantul, Suwandi HS bersama asistennya Sudarmaji memberi pengarahan seusai latihan di Lapangan Dwi Windu, Bantul, Jumat (4/6/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Persiba Bantul tetap menggelar latihan tim meskipun pelaksanaan Liga 3 hingga kini belum menemui kepastian. Keseriusan tim berjuluk Laskar Sultan Agung besutan Suwandi HS mengarungi kompetisi juga ditunjukkan dengan menyanggupi ajakan uji coba dari Barito Putra beberapa waktu yang lalu.

Suwandi HS menyebut timnya optimistis bakal mengikuti Liga 3 pada tahun ini dalam waktu dekat. Ia mengaku telah mendengar kabar jika Liga 3 memang sudah ada kepastian akan digelar di federasi pusat.

Hanya saja, hingga kini memang belum diketahui kapan dan seperti apa sistem yang akan digunakan di Liga 3 tersebut. "Kita optimistis saja, toh Liga 1 ada degradasi, Liga 2 juga ada promosi, masa tidak ada yang degradasi ke Liga 3. Tinggal nanti pusat menentukan seperti apa sistemnya, bisa dimulai dari regional dulu. Tim Liga 3 regional itu banyak sekali, atau langsung Liga 3 Nasional, malah lebih enak,” kata Suwandi seusai sesi latihan Persiba di Lapangan Dwi Windu, Jumat (4/6/2021).

Terkait progres pembentukan skuat Persiba musim ini, Suwandi menyebut jika tim sudah mulai terlihat lebih baik dari segi fisik, taktik, dan teknik. Hanya saja, mantan asisten pelatih PSS Sleman ini masih melihat kekurangan timnya dari sisi mental.

Hal ini lantaran karena masih minimnya laga uji coba yang dilakukan. Untuk itu dalam waktu dekat Persiba bakal menjalani sejumlah pertandingan uji coba guna membentuk mental pemain dan melihat progres latihan sejauh ini.

"Saya sudah berencana untuk uji coba biar anak-anak juga dapat pengalaman dan mental, kita juga minta untuk uji coba ke luar DIY, mungkin nanti sebanyak tiga kali," tutup Suwandi.

Mes pemain
Suwandi dan jajarannya sudah meminta pada manajemen agar mendapat fasilitas mes pemain. "Kita sudah minta mes buat para pemain, cuma belum tahu kapan. Kan enak kalau sudah ada mes, nanti semisal ada pemain dari luar DIY bisa tinggal di sana, kasihan kalau disuruh ngekos," katanya Suwandi.

Kini, pemain yang ikut berlatih bersama Persiba Bantul berusia maksimal berusia 22 tahun. Hal itu tak lepas dari belum adanya regulasi yang menyebutkan kriteria minimal umur untuk pemain Liga 3. Namun, Suwandi lebih menginginkan jika Liga 3 hanya memainkan pemain-pemain muda saja sebagai ladang untuk pembinaan pemain muda.

"Sekarang anak-anak di sini maksimal kelahiran tahun 1999. Katanya akan ada regulasi lima pemain senior, tapi saya secara pribadi mending Liga 3 ini untuk pemain-pemain muda saja, kalau nanti ada pemain senior, kasian anak-anak ini, mereka mau main di mana kalau isinya pemain senior semua," ujar pelatih asal Gresik ini. (tsf)

Selengkapnya baca Tribun Jogja edisi Sabtu (05 Juni 2021) halaman 10.

Penulis: Taufiq Syarifudin
Editor: Agus Wahyu
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved