Breaking News:

Sempat Tercoreng Karena Unggahan Viral Medsos, Dinas Pariwisata DIY: Ekonomi Tumbuh 6 Persen

Dinas Pariwisata (Disparta) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengakui jika rentetan keluhan masyarakat yang diunggah lewat media sosial

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Yuwantoro Winduajie
Kepala Dispar DIY Singgih Raharja 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Pariwisata (Disparta) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengakui jika rentetan keluhan masyarakat yang diunggah lewat media sosial mulai dari harga pecel lele yang tak wajar, parkir nuthuk, dan penyewaan jip wisata berdampak negatif dengan dunia pariwisata DIY.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, dampak negatif itu tetap ada.

Hanya saja ia menegaskan bahwa penyedia jasa yang menjual jasanya di atas harga wajar tersebut hanyalah seorang oknum.

Baca juga: Eks Kapten PSIM Yogyakarta Marjono Yakin Pemain Muda Timnas Jerman Bawa Keberuntungan di Euro 2020

"Dampak negatif tetap ada. Cuma tidak semua pelaku wisata seperti itu. Justru lebih banyak kebaikan yang dilakukan oleh pelaku pariwisata. Jadi itu oknum saja," katanya saat diwawancara, Jumat (4/6/2021).

Singgih menjelaskan, branding positif tentang pariwisata di DIY kembali digencarkan oleh pemerintah maupun pelaku wisata.

Ia meyakini bahwa pemangku kebijakan tingkat Kabupaten/Kota maupun pelaku pariwisata akan meningkatkan monitoring, penegakan disiplin dan lainnya.

"Dan kalau seperti saat ini tentu kami sampaikan sisi positif dari Yogya," jelas Singgih.

Dalam waktu dekat, pemerintah DIY bersama pelaku pariwisata akan membicarakan soal regulasi yang wajib dijalankan oleh para penyedia jasa pariwisata.

"Jadi kami koordinasikan dengan pemerintah Kabupaten/Kota untuk memastikan hal-hal tersebut tidak terjadi lagi," ungkapnya.

"Apakah perlu penyempurnaan regulasi, lalu apakah kemudian perlu monev untuk penegakan hukum yang lebih ketat lagi ini kami koordinasikan dengan stakeholder terkait," tegas dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved