Breaking News:

Yogyakarta

Ada Wacana Parkir Premium Malioboro, Ini Tanggapan Wakil Ketua DPRD DIY

Kebijakan dengan menerapkan tarif parkir yang tergolong mahal diharapkan dapat membatasi kendaraan pribadi yang hendak parkir di kawasan itu. 

Penulis: Yuwantoro Winduajie | Editor: Gaya Lufityanti
pixabay / Nile
Ilustrasi parkir 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana mendukung rencana Pemda DIY untuk mewujudkan parkir premium di kawasan Malioboro.

Kebijakan dengan menerapkan tarif parkir yang tergolong mahal diharapkan dapat membatasi kendaraan pribadi yang hendak parkir di kawasan itu. 

Sehingga rencana Pemda DIY untuk menjadikan Malioboro sebagai kawasan pedestrian dapat terwujud.

"Dengan parkir premium bisa memperbanyak orang jalan kaki dibandingkan naik mobil dan parkir.  Meskipun saat ini, Malioboro jadi semi pedestrian waktu pukul 18-21 WIB karena ada keluhan masyarakat," terang Huda kepada Tribunjogja.com, Jumat (4/6/2021).

Huda menjelaskan, parkir di Malioboro secara umum memang dibatasi akibat upaya penataan yang terus dilakukan. 

Baca juga: Tanggapi Viral Tarif Parkir Rp 20 Ribu, Sri Sultan Hamengku Buwono X Usul Parkir Premium Malioboro

Huda lantas membandingkan kondisi Malioboro beberapa tahun lalu.

Di mana pengunjung sempat bebas memarkir kendaraannya bahkan di sepanjang trotoar Jalan Malioboro hingga Ahmad Yani sehingga terkesan tak tertata.

"Intinya kita ingin agar tidak terlalu banyak yang parkir di Malioboro tapi banyak pengunjung yang jalan kaki lalu parkirnya di sekitar Malioboro. Misalnya di Abu Bakar Ali," tambahnya.  

"Dengan parkir mahal itu bisa jadi penghalang untuk orang parkir di Malioboro. Jadi itu kebijakan yang logis," jelasnya.

Jika ingin merealisasikan wacana tersebut, Huda meminta agar ada kejelasan regulasi terkait tarif dan kawasan khusus parkir.

"Harus diikuti dengan penetapan Perda di kota ya. Kalau terlalu banyak kendaraan kan tidak nyaman juga kalau berjalan kaki," jelasnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved